Warga Betawi Ingin Agus Yudhoyono Seperti Pitung

Agus Harimurti Yudhoyono dan istri.
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono mengunjungi makam jawara Betawi si Pitung, di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat, Kamis 20 Oktober 2016.

Darmizal Sebut Somasi SBY Tidak Memiliki Dasar Hukum

Agus tiba di kawasan makam dengan disambut para tokoh Betawi yang salah satu di antaranya adalah Eky Pitung. Agus juga disambut dengan pertunjukan pencak silat Betawi di depan pintu masuk lokasi makam. Agus sempat menyaksikan atraksi pertunjukan silat yang dilakukan sejumlah anak remaja.

Setelah menyaksikan penampilan pencak silat remaja, Agus diajak untuk berziarah ke makam. Ia didampingi Sekjen Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi), Ikhsan. Pada kesempatan itu, Ikhsan menceritakan secara singkat mengenai perjuangan si Pitung.

Demokrat NTB Tak Hanya Ikrar Setia pada AHY tapi Deklarasi Capres 2024

Ikhsan menceritakan sejarah Pitung. Menurut Ikhsan, Pitung pada zaman penjajahan berjuang melawan penindasan saat itu. Dari perjuangan Pitung, Ikhsan berharap Agus juga punya sikap yang sama yakni berpihak pada masyarakat kecil.

"Pitung sangat membela rakyat kecil, kita harapkan Mas Agus begitu, bisa seperti si Pitung berpihak ke wong cilik," kata Ikhsan, di lokasi.

Siap Hadapi Demokrat, Prof Yusuf Henuk: Tidak Ada Bahasa Menghina

Agus mengatakan, perjuangan si Pitung bisa ditiru semua pihak, khususnya oleh generasi muda. Meski di era modern sekarang, lanjut Agus, perjuangan Pitung pada prinsipnya sama, salah satunya berani berubah ke arah yang lebih baik.

"Dan kami, saya di sini, menjadi calon alternatif untuk perubahan Jakarta," ujarnya berjanji.

Pada ziarahnya ke makam pitung tersebut, Agus juga sempat melakukan prosesi tabur bunga dan menyiramkan air mawar ke makam pitung. Setelah sekitar 20 menit Agus berada di makam Pitung, Agus kemudian menuju ke Pasar Bunga Rawa Belong.

(mus)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya