PKB Bentuk Tim Kecil untuk Putuskan Dukungan di Pilkada DKI

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (melambaikan tangan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rifki Arsilan.

VIVA.co.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) segera mengambil keputusan terkait dukungan untuk putaran dua Pilkada DKI. PKB akan mengambil keputusan setelah rapat pleno dan bertemu langsung dengan pasangan yang bertarung di putaran dua.

Hasto: Ahok Belum Terdaftar Jadi Kader PDI Perjuangan

Ketua Desk Pilkada PKB, Bambang Susanto, mengatakan sejauh ini partainya sudah membentuk tim kecil yang beranggotakan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB serta Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB DKI.

"Penjaringan sudah dilakukan tim kecil dari DPP, DPW. Nah, satu dua hari ini kami komunikasi intens, bagaimana bertemu dengan calon kemudian kami plenokan secara internal," kata Bambang saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 2 Maret 2017.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Dijelaskan Bambang, bila suara arus bawah partai masih terbelah dua antara memilih pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Grass root arus bawah terpecah ada dua dukungan. Ini yang tertahan di lapangan. Bisa paslon nomor dua, bisa nomor tiga. Kemungkinan masih terbuka," jelasnya.

Djarot: Ahok Minta Pendukungnya Tak Golput

Meski belum diputuskan, Bambang menekankan keputusan akan mendengar pendapat pengurus DPW PKB DKI. Aspirasi yang disampaikan DPW PKB DKI akan menjadi pertimbangan utama.

"Bola sekarang sebenarnya ada di DPW. DPW yang full menyampaikan pendapat, usulan kepada DPP. Pengurus DPP tinggal memutuskan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen PKB, Daniel Johan, menekankan keputusan final sudah diketahui dalam waktu dua pekan ke depan. Namun, dia memastikan sikap dukungan resmi PKB sudah diketahui awal April atau bulan depan.

"Rasanya paling lama kami umumkan itu April ya. Karena kami kan butuh waktu untuk komunikasi dengan konstituen," tutur Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

PKB merupakan partai pengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di putaran pertama Pilkada DKI. Namun, pasca tersisihnya Agus-Sylvi, suara dukungan PKB masih menjadi tanda tanya.

Putaran dua Pilkada DKI sendiri sudah ditetapkan pada 19 April 2017. Ada dua pasangan yang bertarung yaitu petahana Ahok-Djarot dengan Anies-Sandiaga. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya