Bikin Ribut di Tengah Aksi 313, Seorang Pria Digebuki Massa

Aksi 313 di Bundaran Patung Kuda Jakarta, 31 Maret 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Seorang pria berhasil diamankan di tengah Aksi 313 di Jalan Medan Merdeka Selatan. Pria yang belum diketahui identitasnya ini diamankan karena membuat keributan.

Mahasiswa Jadi Tersangka Makar Ajukan Penangguhan Penahanan

Peristiwa bermula saat dia berada di tengah-tengah massa dan ditanya oleh sejumlah peserta aksi. Pria tersebut lalu dituduh sebagai pendukung salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Namun, karena tidak terima dengan tuduhan tersebut, dia membantahnya dengan nada yang sangat tinggi.

Hal itu yang membuat sejumlah peserta aksi naik pitam. Mereka memukul pria itu. Seorang ulama – melalui mobil komando yang melihat kejadian tersebut – mengingatkan massa aksi agar tidak terpancing dan berlaku kasar.

Sejak Kapan Polisi Incar Al Khaththath Soal Makar?

"Sudah-sudah, cukup! Jangan terpancing suasana, jangan bertindak anarki! Ini memang sengaja ada yang memancing kita agar chaos," kata orator melalui mobil komando di lokasi kejadian, Jumat 31 Maret 2017.

Aksi tersebut kemudian mereda. Namun tak lama saat pria itu dibawa ke pinggir lokasi aksi, massa kembali melampiaskan amarah. Kericuhan sempat terjadi lagi sebelum dia berhasil diamankan dan kericuhan dapat diselesaikan oleh petugas Laskar Pembela Islam (LPI).

Mempertanyakan Jeratan Pasal Makar Aksi Bela Islam

Salah seorang peserta aksi, yang menjadi saksi mata, mengungkapkan pria yang diamuk massa itu berambut panjang. "Tadi juga pakai tanda pers, namanya Hasbulloh," kata pria yang tak mau menyebutkan namanya.

Saat ini, pelaku sudah diamankan dan dibawa ke kantor polisi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (ren)

Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath.

Sekjen FUI Al Khaththath Dibebaskan

Dia dibebaskan sementara karena penangguhan penahanannya diterima.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2017