Pesan Kapolda Metro ke Anak Buah saat Tinjau Arus Balik

 Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan tinjau arus balik
Sumber :
  • Bayu Nugraha / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan melakukan peninjauan arus balik di gerbang Tol Cikarang Utama hari ini. Ia pun langsung mendengarkan paparan dari pihak Jasa Marga dan Badan Pengelola Jalan Tol terkait arus lalu lintas di arus balik pada hari ini.

Usai Libur 17 Agustus, Arus Balik di Tol Jakarta Cikampek Ramai Lancar

Dalam paparannya, Dirut Jasa Marga, Desy Arryani mengatakan, pada Kamis kemarin, 29 Juni 2017, sudah ada 108 ribu kendaraan yang melawati tol Cikarang Utama.

"Prediksi hari ini ada 110 ribu kendaraan yang masuk ke tol Cikarang Utama," kata Desy menjelaskan ke Iriawan, Jumat 30 Juni 2017.

422 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta di H+6 Lebaran

Ia pun menambahkan, untuk saat ini gerbang tol Cikarang Utama dibuka secara maksimal, yakni 31 gerbang ditambah tiga tambahan jika terjadi kepadatan.

"Arah Jakarta dibuka 31 gerbang tol dan ke arah Cikampek sembilan gerbang," ujarnya.

Cara yang Dilakukan Polda Jatim Cegah Warga Balik ke Jakarta

Pantauan VIVA.co.id, usai mendengarkan paparan pihak Jasa Marga, Iriawan langsung mengecek CCTV di setiap ruas jalan tol Cikampek. Menurut pihak Jasa Marga, belum ada kemacetan yang berarti dan hanya dibeberapa titik saja diberlakukan contra flow.

Usai dari kantor Jasa Marga, Iriawan pun langsung melihat kondisi lapangan dan menanyakan kepada para pemudik yang keluar tol Cikarang Utama. Ia pun beberapa kali memberhentikan kendaraan untuk menanyakan hal yang sama. Rata-rata para pemudik belum mengalami kemacetan yang cukup signifikan.

Usai menanyakan ke para pemudik, Iriawan langsung mengecek kesiapan anggota menghadapi arus balik yang diprediksi akan terjadi pada hari ini dan Sabtu esok.

Dalam tinjauannya, ada tiga tim yang bekerja untuk menghadapi arus balik seperti tim pembantu para pemudik, tim pengurai kemacetan dan tim mengantisipasi tindak pidana kriminal.

"Kedatangan saya ingin mengecek arus balik. Kalian sudah bekerja dengan baik dibantu Jasa Marga dan instantsi lainnya. Anda harus bekerja maksimal dari hari ke hari. Tepuk tangan buat kalian semua," katanya kepada para anggota.

Lebih lanjut, dia pun meminta, anggotanya tidak pernah capek untuk membantu para pemudik di arus balik ini. Sebab, polisi bekerja dibayar oleh rakyat.

"Jangan pernah capek nanti arus balik. Kita ini digaji oleh rakyat. Tahun ini mudah-mudahan lebih baik. Mari kita laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Bekerja adalah ibadah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya