Rekam Jejak Ahok di Mata 51 Tokoh

Peluncuran buku tentang Ahok, di Jakarta, Rabu, 19 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Sejumlah tokoh nasional, akademisi hingga politisi hadir pada peluncuran buku tentang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, berjudul Ahok di Mata Mereka.

Mantan Menlu Indonesia Beberkan Pengalaman Diplomasi Indonesia-Singapura

Kisah mantan Gubernur DKI Jakarta itu dituliskan oleh 51 tokoh. Mereka menjabarkan pengalaman serta rekam jejak Ahok selama menjadi politisi hingga kepala daerah. 

Pantauan VIVA.co.id, peluncuran buku itu diresmikan langsung oleh istri Ahok, Veronica Tan. 

Didominasi Rumah Tapak, Pra Penjualan Lippo Karawaci Kuartal III-2023 Capai Rp 3,36 Triliun

Saat acara peluncuran, Veronica duduk sejajar dengan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, musisi Addie MS serta  mantan Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. 

Sakti Budiono, salah satu penggagas buku yang juga bagian tim Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, peluncuran buku ini banyak menceritakan berbagai perspektif perihal sepang terjang Ahok selama ini.

AHY Tegaskan Tak Bahas Politik di Acara Peluncuran Bukunya

Dituliskan oleh berbagai tokoh dari latar belakang yang beragam, Sakti yakin, ada banyak kisah menarik dituangkan dalam buku setebal 456 halaman itu.

Seperti yang dituliskan Mari Elka Pangestu dalam sub judul Ahok Legacy. Tulisan itu menggambarkan seorang Ahok yang berani mengambil kebijakan tanpa memikirkan risiko politik.

Lebih lanjut ia, mengapresiasi kinerja mantan Bupati Belitung Timur itu yang telah membuat standar tinggi kepemimpinan di Jakarta sewaktu Gubernur. 

"Kekalahannya di politik tidak membuat dia mundur. Keberanian mengambil risiko untuk melayani rakyat, memiliki high benchmark untuk ukuran keberhasilan dan kinerja penggantinya," kata Mari seperti ditulis dalam buku itu. 

Dalam waktu dekat, buku ini akan dijual luas kepada masyarakat.  Saat ini, tim BTP hanya menyediakan buku dalam jumlah terbatas kepada para tamu dan undangan yang hadir saat peluncuran. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya