Penyebab Banjir di Terowongan Dukuh Atas

Anies Baswedan pantau banjir di terowongan Dukuh Atas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ade Alfath

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung banjir yang terjadi di underpass Dukuh Atas, Jakarta Selatan, Senin 11 Desember 2017. Ternyata, kata Anies, dari enam pompa yang ada, hanya dua pompa yang beroperasi. Sisanya, empat pompa tak bisa beroperasi, sehingga menimbulkan genangan. 

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Sekarang atau tadi kejadiannya, sempat naik satu meter. Memang cuma butuh waktu sejam menyelesaikan itu. Tapi efek dari satu jam kan kemacetan di mana-mana. Sebetulnya kalau semua berfungsi, tidak perlu ada genangan air. Karena begitu air mulai naik, langsung saat itu juga bisa disedot," kata Anies di lokasi. 

Menurut Anies, rusaknya empat pompa tersebut telah dilaporkan oleh petugas pada 22 Oktober 2017. Namun, hingga hari ini, ternyata tidak ada tindak lanjut. Untuk itu, dia akan mengumpulkan pejabat berwenang guna mengevaluasi hal tersebut. 

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Jadi saya akan panggil, akan tindak atasannya. Perintahnya jelas. Kami lakukan apel siaga, meminta seluruh aparatur pastikan semua berfungsi dengan baik, setiap potensi masalah dilakukan mitigasi, dan ini teledor, ini tidak dilaksanakan, begitu saja. Kami akan panggil, kami akan tindak," ujarnya. 

Anies pun akan menindak tegas jika ada pejabat terkait yang lalai, sehingga pompa yang rusak dibiarkan begitu saja dan akhirnya menyebabkan banjir. 

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

"Jadi sebenarnya ini sesuatu yang bisa dicegah dan kami akan panggil semua yang bertanggung jawab, dikoreksi, dan ditindak tegas," kata dia. 

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024