Arab Saudi Bekukan Kunjungan Umrah, Kemenag: Jemaah Harap Bersabar

Ilustrasi ribuan calon jemaah umrah.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kunjungan ibadah umrah ataupun ziarah di Mekkah dari negara-negara yang terdampak virus corona. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyebaran wabah virus corona. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kementerian Agama menyatakan, menghormati keputusan Arab Saudi tersebut. Staf Khusus Menteri Agama, Ubaidillah Amin Moch, menjelaskan bahwa pengajuan visa umrah dan visa lainnya ke Saudi mulai hari ini diberhentikan. 

Pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah Arab Saudi. Dia meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk pro aktif mengelola informasi kepada para jemaahnya. 

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

"Menghormati keputusan Arab Saudi sebagai bentuk antisipasi menyebarnya virus corona meminta semua jemaah umrah Indonesia untuk bersabar, sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali," kata Ubaidillah dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020. 

Dia mengungkapkan berdasarkan laporan dari pengawasan di bandara, maskapai Garuda, Saudia, Citylink, Lion hari ini masih terbang sesuai jadwal. 

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Untuk diketahui, Arab Saudi telah melarang peziarah agama mengunjungi Mekah atau Madinah untuk mencegah penyebaran virus corona. Kementerian Luar Negeri di Kerajaan Arab Saudi menyatakan bahwa mereka telah mengikuti perkembangan virus corona selama beberapa waktu.

Untuk mendukung negara-negara yang terkena virus itu, Kerajaan akan menerapkan 'standar internasional yang disetujui' dalam bentuk larangan sementara atas ziarah.

"Sementara menangguhkan masuk ke Kerajaan untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabi," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dikutip VIVAnews dari dailymail, Kamis 27 Februari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya