Bosscha: Idul Adha Jatuh Pada Hari Rabu

Suasana Shalat Idul Adha
Sumber :
  • Antara Photo

VIVAnews - Kepala Observatorium Bosscha, Hakim L Malasan, menyatakan Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada hari Rabu, 17 Nopember 2010. Penentuan ini berdasarkan pengamatan bulan (hilal) yang dilakukan selama 10 hari terakhir di observatorium yang berada di Lembang, Bandung, Jawa Barat itu.

"Memang hari raya itu ada dua versi, antara Selasa dan Rabu, tapi menurut pengamatan yang kami lakukan akan jatuh pada Rabu," ujarnya Hakim L Malasan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu, 14 November 2010.

Hakim menjelaskan, pengamatan tersebut dilakukan dengan menggunakan teropong Teodolit. Teropong yang sama digunakan saat penentuan Hari Raya Idul Fitri.

Memang, Hakim mengaku awalnya kesulitan dengan kondisi cuaca yang sering berawan. "Tapi kami bisa mengatasinya," katanya.

Observatorium Bosscha saat ini juga telah bekerja sama dengan Kementerian Keagamaan dalam menentukan hari besar keagamaan.

Laporan : DHR l Bandung

Kenaikan Harga Eceran Tertinggi Beras Premium Diperpanjang hingga April 2024
Prof. KH.Yahya Zainul Maarif atau Buya Yahya

Mimpi Basah saat Tidur Siang Membatalkan Puasa? Ini Kata Buya Yahya

Bagaimana jika air mani keluar akibat mimpi basah saat tidur siang di bulan Ramadhan? Simak penjelasan Pengasuh ponpes Al Bahjah, Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024