6 Rekomendasi KPK Soal e-KTP yang Diabaikan

Petugas kelurahan memperlihatkan blanko KTP
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi mengungkapkan beberapa rekomendasi terkait pelaksanaan e-KTP yang tidak dijalankan oleh Kementerian Dalam Negeri.

KPK lanjut Johan pernah melakukan kajian terkait e-KTP. Namun kajiannya bukan soal pengadaan akan tetapi penerapan sistem yang disebut Single Identity Number (SIN). Kajian ini untuk meminimalisir KTP ganda terkait tindak pidana korupsi dan pencucian uang.

"Dalam rekomendasi yang disampaikan kepada Mendagri ada beberapa rekomendasi yang tidak dijalankan oleh Mendagri," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi di Kantor KPK, Jakarta. Selasa, 13 September 2011.

Menurut Johan KPK tidak bisa secara langsung dalam kaitan melakukan pengawasan dan pengadaan e-KTP itu sendiri. "Waktu itu kita juga berencana mengirim surat ke Presiden karena rekomendasi kita tidak dijalankan secara menyeluruh," tambah Johan.

"Rekomendasi itu kalau tidak salah Januari, Februari atau Maret 2010. Kemudian, Beberapa waktu lalu ada laporan ke Dumas (Pengaduan Masyarakat) soal e-KTP. Sekarang sedang ditelaah," terangnya.

Dihubungi secara terpisah Wakil Ketua KPK M Jasin mengungkapkan enam rekomedasi KPK yang belum dilakukan Kemendagri adalah :

1) Penyempurnaan Grand Design;
2) Menyempurnakan aplikasi SIAK dan mendorong penggunaan SIAK di seluruh wilayah Indonesia dengan melakukan percepatan migrasi non SIAK ke SIAK;
3) Memastikan tersedianya jaringan pendukung komunikasi data on line/semi online antara Kabupaten/kota dengan MDC di pusat agar proses konsolidasi dapat dilakukan secara efisien;
4) Melakukan pembersihan data kependudukan dan penggunaan biometrik sebagai media verifikasi untuk menghasilkan NIK yang tunggal;
5) Melaksanakan e-KTP setelah basis database kependudukan bersih/NIK tunggal, tetapi sekarang belum tunggal sudah melaksanakan e-KTP.
6) Pengadaan e-KTP harus dilakukan secara elektronik dan hendaknya dikawal ketat oleh LKPP. (umi)

OJK Kasih Bukti Kinerja Perbankan RI Stabil Meski Ada Gejolak Geopolitik 
Mobil Ambulans PKS Terguling di Tol Semarang-Batang

Ambulans PKS Terguling di Tol Semarang-Batang, 1 Orang Tewas

Ambulans PKS Kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Batang, Terguling Setellah Tabrak Truk di KM 353+300

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024