Demo BBM, 168 Aksi di Seluruh Nusantara

Aksi Demo Tolak BBM Ricuh di Monas-Gambir
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Markas Besar Kepolisian RI mencatat jumlah unjuk rasa menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) di seluruh wilayah Indonesia, Selasa 27 Maret kemarin mencapai ratusan aksi. Dari jumlah itu, beberapa diantaranya berlangsung ricuh.

"Terjadi sebanyak 168 unjuk rasa di seluruh jajaran polda-polda kewilayahan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol M Taufik.

Taufik memaparkan sebanyak 34 aksi terjadi di Jawa Timur, Sulawesi Selatan 25, Nusa Tenggara Barat 12, Jawa Tengah 11, dan Jawa Barat 11 aksi. Sementara 26 Polda yang lain rata-rata ada 10 kejadian aksi unjuk rasa.

Spesifik, Taufik  membahas aksi demo yang berujung bentrok di Monumen Nasional (Monas) dan Stasiun Gambir. Padahal, kata dia, polisi sudah berkali-kali mengajak semua pihak agar berunjuk rasa dengan baik dan tertib.

Taufik menegaskan, keberadaan aparat di lapangan bukan untuk berhadapan dengan masyarakat atau mahasiswa tetapi memberi kenyamanan pelaksanaan unjuk rasa. Selain itu, mereka berkewajiban menjaga kegiatan masyarakat yang lain agar bisa berjalan sebagaimana biasa.

Sementara, soal pengamanan aksi demo, Taufik mengklaim polisi sudah sesuai prosedur. Bentrok di Gambir, kata dia, bagian dari spontanitas dan dinamika di lapangan.

"Dalam konteks pembubaran itu, kita sudah melakukan sesuai SOP. Menggunakan water cannon dan gas air mata," kata Taufik.

Akibat insiden tersebut, sekitar 17 anggota polisi luka terkena lemparan batu dan sebagainya oleh para demonstran. Sementara belum terhitung berapa jumlah pengunjuk rasa yang juga terluka.

"Itu akibat dari gas air mata saja, saya nggak ada data. Saat mereka bubar, batu banyak yang dilempar, dia melakukan perusakan pos Polantas Senen, kendaraan mobil roda empat dan roda dua," ujarnya.

Yang pasti, lanjut Taufik, polisi telah melakukan penggeledahan terhadap pengunjuk rasa, hasilnya mereka mengamankan sekitar 20 bom molotov. Selain itu, mereka kini tengah melakukan upaya pemeriksaan sejumlah tersangka dari pihak demonstran. "Ada 32 orang, 29 mahasiswa, 3 orang lainnya dari masyarakat," ucapnya. (eh)

Melindungi Keamanan, Ini Imbauan Penting Petugas Jemaah Haji di Tanah Suci
Artis Epy Kusnandar ditangkap kasus narkoba oleh Polres Metro Jakarta Barat

Epy Kusnandar Ditahan Narkoba, Akun Instagram Tetap Aktif, Istri Klarifikasi: "Saya yang Pegang"

Karina Ranau akhirnya memberikan klarifikasi melalui akun Instagram sang suami. Ia menjelaskan bahwa akun tersebut dikelolanya, dan Epy tidak memiliki akses ke ponselnya.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024