Jenazah TKW yang Tewas di AS Dipulangkan

Ni Luh Endang Susiani, TKI yang tewas di AS
Sumber :

VIVAnews – Jenazah Ni Luh Endang Susiani (31) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tewas di South Carolina, Amerika Serikat, akan diserahterimakan oleh Kementerian Luar Negeri kepada keluarga di rumah duka, Dusun Tegal Sari, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng.

Kepala BP3TKI Denpasar, I Wayan Pageh, menuturkan, berdasar informasi yang diterimanya, prosesi serah terima akan dilakukan secara resmi usai jasad Endang tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Media Asing Sebut Kebugaran Pemain Guinea Ungguli Indonesia: Mereka Tak Bertanding 3 Bulan

Menurut, setibanya di Bandara Ngurah Rai, jasad lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana itu langsung dibawa ke rumah duka. ”Acara serah terima jenazah dari Kemenlu ke pihak keluarga dilakukan di rumah duka," tutur Pageh, Rabu 9 Mei 2012.

Pageh menjelaskan jika jasad Endang diterbangkan dari Amerika Serikat kemarin. Jasad Endang akan terlebih dulu singgah di Singapura, sebelum akhirnya mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Dari Singapura, sulung dari tiga bersaudara anak pasangan I Putu Artana (51) dan Ni Wayan Sini (52) diterbangkan dengan pesawat Singapore Airlines.

Pageh yang datang mendampingi pihak keluarga saat penjemputan di bandara mengatakan, seluruh pengurusan dokumen untuk proses pemulangan korban ke Tanah Air, telah rampung dan difasilitasi pihak Kemenlu. Untuk biaya proses pemulangan, menurut Pageh, sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

Sementara BP3TKi Denpasar menanggung biaya ambulans dengan perjalanan dari bandara ke rumah duka. Terkait penanganan kasusnya seperti hasil autopsi dan dokumen lainnya, Pageh mengaku bukan kewenangannya untuk menjelaskan. Yang pasti, proses pemulangan jenazah ke tanah air telah sesuai prosedur dan aturan yang ada.

Pemerintah, kata Pageh, berkewajiban untuk mengurus jika ada tenaga kerja yang meninggal di luar negeri. “Hal itu telah dilakukan cukup maksimal oleh institusi yang berwenang,” tegas Pegeh.

Selain pihak keluarga, kedatangan jenasah Endang akan disambut Kemenlu, pejabat BP3TKI Denpasar, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali, Dinas Tenaga Kerja Buleleng.

Seperti diketahui, Luh Endang alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, tewas ditembak perampok di South Carolina, Amerika Serikat pada Jumat 27 April malam waktu setempat, usai makan malam dan mengambil cucian (laundry) bersama kekasihnya Nyoman Arum.

Polisi Gelar Perkara Lagi Kasus Mahasiswa STIP Tewas Dianiaya Senior, Ada Tersangka Baru?
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat bersama Presiden Jokowi di Bandung

Dijagokan Wali Kota Bekasi, Jokowi Ogah Campuri Urusan Kaesang

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai calon Wali Kota Bekasi. Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi enggan mencampuri urusan putra bungsunya tersebu

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024