BNN Tes Urin Seluruh Masinis di Indonesia

PT KAI pasang Bola Beton
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar tes urin dan kesehatan kepada petugas masinis dan pegawai PT KA Daop 8 di Stasiun Pasar Turi Surabaya Selasa, 14 Agustus 2012.

Pemeriksaan bertujuan agar tidak ada masinis yang menggunakan obat terlarang atau narkoba saat melaksanakan tugas di musim mudik lebaran 2012.

Semua petugas diminta memberikan sampel urin dan mengisi data pribadi. Setelah itu, diperbolehkan melaksanakan tugasnya. "Pemeriksaan tidak hanya untuk mendeteksi satu jenis obat terlarang saja, melainkan sampai tujuh jenis yang mungkin terkandung dalam tubuh masinis," kata Kepala Seksi Lingkungan Masyarakat BNN, Amanti.

Selain tes urin juga diambil sampel rambut. Fungsinya sama dengan fungsi tes urin, yaitu untuk mengetahui kandungan obat-obat terlarang dalam tubuh masinis.

"Tes melalui rambut tersebut cukup efektif selain tes urin yang banyak dilakukan selama ini. Karena saat ini telah banyak obat pelarut yang bisa memudarkan kandungan narkoba dalam urin," jelasnya.

Ia menambahkan, hasil negatif dari sampel urin belum bisa memastikan bahwa yang bersangkutan tidak mengkonsumsi obat terlarang.

Saat itulah potongan rambut digunakan untuk mengetahui apakah orang tersebut mengkonsumsi obat terlarang atau tidak."Tidak banyak, paling empat sampai lima helai rambut, nantinya sampel rambut tersebut dibakar dan abunya digunakan untuk sampel pemeriksaan," ujarnya.

BNN juga telah melakukan pemeriksaan petugas kereta api di Indonesia antara lain, Jakarta, Cirebon, Purwakerto, Yogyakarta dan Bandung.

"Tes urin yang kami lakukan atas kerjasama antara pihak PT KAI dan BNN agar para masinis dan petugas kereta api di Indonesia dapat melayani masyarakat dengan baik dan nyaman selama lebaran 2012," katanya.

Sementara, hingga saat ini hasil pemeriksaan terhadap masinis dan petugas kereta api masih negatif dari pengaruh narkoba dan obat–obatan terlarang lainnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sri Winarto menambahkan, pemeriksaan dilakukan guna memastikan bahwa seluruh masinis dan petugas kereta api Daops VIII terbebas dari narkoba saat arus mudik dan lebaran 2012.

Dia menambahkan, selain tes kepada masinis dan petugas stasiun, BNN juga melakukan pemeriksaan terhadap asisten masinis dan kondektur karena mereka juga turut bertanggung jawab terhadap kelancaran perjalanan kereta.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah
Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) oleh petugas saat sedang menjaring sampah di kali.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024