Amankan Pilkada, Polda Jabar Siapkan 21.678 Pucuk Senjata

Simulasi Pengamanan Pemilu
Sumber :
  • Antara/R Rekotomo
Vivanews - Personel kepolisian dari Polda Jabar akan dipersenjatai sebanyak 21.678 puncuk senjata api untuk pengamanan rentetan tahapan pelaksanaan kegiatan pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013.
Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Kapolda Jabar Inspektur Jendral Polisi Tubagus Anis Angkawijaya mengatakan puluhan ribu pucuk senjata api itu terdiri dari jenis genggam sebanyak 14.992 buah, bahu sebanyak 6.252 buah, dan pinggang sebanyak 153 buah.
Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

"Ditambah dengan senapan mesin sebanyak 209 buah, senjata api berat 34 buah, dan mortir sebanyak 38 buah," ujar Anis di Mapolda Jabar, Rabu 6 Februari 2013.
Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek

Disinggung perihal jumlah senjata yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah personel, Anis berkilah bahwa tidak semua senjata akan dipergunakan atau dibawa. "Ada senjata yang melekat dan ada yang disimpan di markas komando untuk cadangan," jelasnya.

Selain itu personel pun dibekali dengan alat khusus berupa tameng sebanyak 6.737 buah, tongkat polisi sebanyak 4.297 buah, borgol sebanyak 3.441 buah, dan rompi sebanyak 594 buah.

"Untuk kendaraan sendiri kita siapkan 6.969 unit kendaraan bermotor yaitu roda dua sebanyak 5.033 unit, roda empat sebanyak 1.754 unit, roda enam sebanyak 148 unit dan bus sebanyak 34 unit serta alat terapung (perahu) sebanyak 49 unit dan 18 unit kendaraan taktis (rantis), sudah kita siapkan," tuturnya.

Sebelumnya, Kapolda Jabar Inspektur Jendral Polisi Tubagus Anis Angkawijaya telah mengumumkan bahwa pihaknya menyiapkan untuk mengamankan rentetan tahapan pelaksanaan kegiatan pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2013. Diharapkan, pilkada kali ini berjalan aman dan kondusif. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya