Lomba Foto dan Penulisan Ancol 2013 Diperpanjang Hingga Mei 2013

Ancol Taman Impian Gelar Lomba Foto dan Penulisan 2013
Sumber :

VIVAnews - Lomba Foto dan Penulisan Ancol 2013 bertema “Mewujudkan Ancol Sebagai Ikon Wisata Edukasi” yang digelar Ancol Taman Impian dan terbuka bagi khalayak umum diperpanjang hingga bulan Mei 2013. Selain batas pengiriman karya yang dilombakan, panita lomba juga memperpanjang masa penjurian karya lomba.

Pengiriman karya foto ke panitia lomba yang awalnya hingga 15 Maret 2013 dan untuk karya tulis hingga 30 Maret 2013, keduanya diperpanjang sampai dengan tanggal 15 Mei 2013. Sedangkan, waktu penjurian yang seharusnya tanggal 1-30 April 2013, diperpanjang hingga Juni 2013.

Karya harus mengenai objek atau kegiatan yang ada di Ancol Taman Impian, karya foto yang dapat dilombakan merupakan foto yang diambil selama periode 24 Januari – 15 Mei 2013. Bagi semua peserta diperbolehkan mengirim maksimal 2 karya baik foto maupun tulisan.

Untuk kategori wartawan, karya harus berupa foto seri (rangkaian 5-7 foto yang merupakan satu kesatuan cerita sehingga maksimal karya yang dikirim 2x7 foto (2 seri). Karya foto dikirim berupa hasil cetak (hard copy) berukuran 10R di atas kertas glossy serta dalam bentuk soft copy (maksimum 2 MB dengan format jpg per foto) disimpan dalam CD, dan diterima paling lambat 15 Mei 2013.

Sebelumnya, panitia lomba akan melakukan verifikasi dan seleksi awal terhadap seluruh karya yang masuk untuk mendapatkan 25 karya di masing-masing jenis lomba dan kategori.

Dari 25 karya yang lolos seleksi awal tersebut, Dewan Juri Foto yang terdiri atas Oscar Motuloh (Ketua), Jay Subiyakto dan Kemal Jufri, serta Dewan Juri Penulisan terdiri atas Yayat Supriyatna (Ketua), Nirwono Yoga dan Moh Sobari kemudian akan menentukan nama-nama pemenang untuk masing-masing jenis lomba dan kategori. Pengumuman nama-nama pemenang lomba akan di informasikan melalui iklan di media cetak dan social media.

Eksistensi Ancol Taman Impian sebagai kawasan wisata terpadu dan terbesar di Asia Tenggara saat ini dan upaya menjadi salah satu tujuan wisata pilihan kelas dunia melatarbelakangi digelarnya Lomba Foto dan Penulisan Ancol 2013 ini. 

Prabowo Bilang Bung Karno Bukan Milik Satu Partai, Elite PDIP Beri Penjelasan Begini

Sebagai sebuah kawasan wisata terpadu, Ancol tidak hanya menjadi tempat wisata semata  melainkan pula sebagai tujuan rekreasi yang edukatif. Komitmen untuk tetap peduli terhadap kebutuhan masyarakat akan rekreasi bersifat menghibur namun mendidik dan menjadi kawasan wisata berbasis edutainment.

Public Relation Ancol Taman Impian Ari Kurniawan mengatakan, perpanjangan lomba foto dan penulisan Ancol merupakan yang pertama kalinya karena banyaknya permintaan dan usulan dari para peserta, serta menjaring sebanyak mungkin peserta dari kalangan masyarakat umum, dan para insan pers. Partisipasi yang penuh dari masyarakat sangat diharapkan bagi keberadaan Ancol untuk menjadikannya lebih baik lagi, salah satunya sebagai kawasan wisata dan rekreasi yang peduli terhadap pendidikan.

“Dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam lomba ini kami harapkan akan banyak pula masukan-masukan bagi Ancol, baik itu saran, penilaian baik yang kritis maupun yang membangun. Kami mengharapkan itu semua untuk menjadikan Ancol menjadi lebih baik lagi”ujar Ari.

Hingga saat ini jumlah peserta sudah mencapai 500 lebih, dan masih akan terus bertambah dengan adanya perpanjangan waktu tersebut. Sementara tema dan persyaratan tidak ada perubahan dari sebelumnya dengan tujuan agar para peserta lomba dapat megabadikan pengalaman menarik atau menulis mengenai ide-ide baru mereka terkait dengan objek atau kegiatan rekreasi di dalam lingkungan Ancol Taman Impian.

Ari mengatakan, dengan adanya lomba foto dan penulisan diharapkan selain dapat menambah pengetahuan para pengunjung, terutama anak-anak, Ancol adalah sebuah kawasan wisata yang juga mampu membangun daya kognitif siswa untuk lebih terampil dalam menambah kemampuan mengingat, memahami, menerapkan serta menciptakan daya kretifitas.

“Ancol juga ingin membangun kultur belajar kreatif itu menyenangkan dan sambil berwisata kita dapat belajar kreatif. Melalui lomba ini kami sangat berharap bisa mendapatkan masukan serta menjaring ide dan inspirasi baik dari media maupun masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan Ancol ke depan,”katanya.

Panitia memberikan kesempatan kepada khalayak umum dan insan pers melakukan eksplorasi materi untuk foto dan penulisan yang dilombakan dengan mengunjungi unit-unit wisata yang ada di Ancol Taman Impian. 

Sempat Jualan Takjil, Epy Kusnandar 'Preman Pensiun' Kembali Ditangkap Polisi

Sejumlah hadiah total Rp250 juta telah dipersiapkan diantaranya, untuk  kategori pelajar, lomba foto maupun tulisan, juara I hadiah uang tunai Rp10 juta. Juara II uang tunai Rp5 juta, juara III Rp3 juta, dan tiga juara harapan masing-masing Rp2 juta.

Untuk kategori umum dan wartawan, lomba foto dan penulisan hadiah  bagi juara I adalah uang tunai Rp 20 juta, juara II uang tunai Rp10 juta, juara III uang tunai Rp5 juta, dan tiga hadiah untuk juara III, masng-masing Rp3 juta.

Informasi lebih lanjut mengenai Lomba Foto dan Penulisan Ancol 2013 ini dapat diakses melalui www.ancol.com, atau menghubungi  Ancol Customer Care di 021 29 222 222. Jadi, tunggu apalagi segera daftarkan diri Anda! (Webtorial)

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel
Sandiaga Uno.

Forum Investor di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Beberkan Keuntungan Investrasi Parekraf di Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan keuntungan bagi investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024