Wacana Facebook Haram

Pesantren Lirboyo Klarifikasi Facebook Haram

VIVAnews - Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur menglarifikasi polemik facebook haram yang menurut pemberitaan media massa dikeluarkan oleh 700 ulama Jawa Timur. Menurut Juru Bicara Pesantren Lirboyo, Nabil Haroen wacana soal facebook muncul dalam Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri se Jawa dan Madura pada Rabu (20/5) dan Kamis (21/5).

"Ini pertemuan rutin, yang hadir 700 delegasi santri putri, bukan ulama atau kyai," kata Nabil Haroen kepada VIVAnews, Senin 25 Mei 2009.

Dalam musyawarah tersebut, kata dia, membahas banyak sekali masalah. Karena waktu yang terbatas, hanya sekitar delapan dari 20 pertanyaan yang terjawab. "Pertanyaan banyak sekali, ada soal pemasangan gambar caleg perempuan di pohon, memercayai Ponari bagaimana hukumnya, facebook hanya jadi bagian kecil," ungkap dia.

Masalah facebook, ujar Haroen Nabil muncul dari pertanyaan bagaimana hukum pendekatan atau bahasa gaulnya pdkt melalui telepon, SMS, audio visual, maupun situs jejaring sosial seperti friendster maupun facebook.

"Yang ditanya itu hukum pdkt. Jawabannya, pdkt melalui alat-alat tersebut tidak diperkenankan agama selama pdkt tidak dalam rangka khitbah atau pertunangan maupun lamaran," tambah dia.

Sebelumnya, diberitakan 700 imam Muslim dalam Forum Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtdien Lirboyo, Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Facebook haram.

Di Indonesia, Facebook mencatat pertumbuhan pengguna terpesat se-Asia Tenggara pada 2008, yakni sekitar 645 persen menjadi 831.000 pengguna atau akun. Ini mengindikasikan bahwa Facebook benar-benar diserap oleh pengguna internet di Indonesia pada umumnya.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari
Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024