Bara Api Kebakaran Gunung Guntur Tampak Memerah

Bara Api Kebakaran Gunung Guntur Tampak Memerah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat
VIVA.co.id - Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat, kembali terbakar. Terpantau kobaran api berada di lereng gunung di kawasan ilalang sebelum puncak gunung.
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Sejumlah warga Desa Cimanganten yang berada sekitar tiga kilometer dari arah kaki Gunung Guntur menyebutkan baru melihat kebakaran Gunung Guntur saat menjelang Magrib. Kondisi gunung gelap sehingga kobaran api terlihat jelas.
Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

"Baru sekarang terlihat dari depan rumah, kebakaran di Gunung Guntur menimbulkan bara api ke udara," ujar Remi Eka, warga Desa Cimanganten, Rabu, 16 September 2015.
Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat

Kondisi api terus membesar membentuk garis melengkung serta titik-titik api yang menyebar.

Warga mengaku terbiasa menyaksikan Gunung Guntur yang sedang terbakar, selain jaraknya yang jauh, sehingga tak khawatir kebakaran merembet ke arah permukiman warga.

"Memang sering, tiap musim kemarau Gunung Guntur kebakaran. Kami hanya melihat titik-titik api atau berbentuk garis melengkung di lereng gunung," ujar Remi.

Hingga malam ini, kondisi api yang membakar kawasan ilalang di Gunung Guntur masih berlangsung. Belum ada konfirmasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah V Garut tentang berapa luas lahan Gunung Guntur yang terbakar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya