Bom Ini Sempat Dijadikan Mainan dan Diletakkan di Rel Kereta

Ilustrasi/Penemuan granat aktif.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Sebuah bom aktif ditemukan seorang warga di belakang rumahnya di Desa Keude Krueng Geukuh Kabupaten Aceh Utara, Selasa dinihari, 14 Juni 2016.

Amunisi Kadaluarsa Meledak di Ciangsana Berusia 10 Tahun, Harusnya Sudah Dimusnahkan

Beruntung tidak terjadi ledakan. Sebab, benda asing yang merupakan bom aktif tersebut, sempat ditendang, dipegang dan kemudian dipindahkan ke dekat jalur rel kereta api.

"Sekitar pukul 03.00 dinihari, tim jihandak memastikan bahwa benda aneh itu adalah bahan peledak aktif," kata Kapolsek Dewantara, AKP Pitriadi.

Kapolda Metro Jaya: Kalau Ada Bahan Peledak Jangan Diutak-atik, Segera Lapor!

Bom aktif tersebut, akhirnya berhasil dievakuasi sekira pukul 07.00 setelah dibungkus dan kini telah diamankan di markas Detasemen B Pelopor Lhokseumawe.

Pitriadi mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan jenis dari bahan peledak tersebut. Namun ia menduga, bom tersebut merupakan bahan peledak bawah air.

Ledakan di Markas Brimob Polda Jatim, Irjen Imam Ungkap Penyebabnya

"Kita belum bisa memastikan bahan peledak jenis apa, namun diduga jenis ini merupakan bahan peledak bawah air, namun belum jelas."

(mus) 

Pihak TNI menghimbau warga untuk kembalikan pecahan proyektil yang terpental hingga ke pemukiman warga akibat kejadian ledakan dan kebakaran gudang amunisi milik Kodam Jaya terjadi di perbatasan Bogor dan Bekasi, Sabtu 30 Maret 2024 sore.

Berbagai Amunisi di Gudang Peluru yang Terbakar di Bogor: Kaliber Kecil Maupun Besar

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen Kristomei Sianturi, mengatakangudang amunisi Armed milik TNI yang terbakar, terdiri dari berbagai kaliber

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024