Jakarta-Brebes Bisa Cuma Lima Jam Berkat Tol Baru

Gerbang Tol Brebes Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Jasa Marga, Adityawarman, mengatakan, dengan beroperasinya tol Brebes Timur, maka akan memangkas waktu tempuh perjalanan mudik Lebaran nanti.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

"Kita tahun ini ada tol sampai Brebes Timur, Paling lama lima jam dari Jakarta ke Brebes Timur," kata Adityawarman dalam konfrensi pers di Jakarta Selatan, Rabu, 29 Juni 2016.

Terpangkasnya waktu tempuh, kata Adityawarman, tak lepas dari integrasi pembayaran tol. "Kita tahun ini untuk Jakarta-Brebes Timur dibagi dua klaster, klaster pertama akan bayar di Cipali. Setelah di Palimanan akan mendapatkan tanda masuk ke Brebes Timur. Tol Palimanan Kanci tidak ada gerbang lagi. Di gerbang Martapada dibuang dan dijadiin satu, ini menghemat waktu tempuh," ujarnya.

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Bahkan, dirinya menyebut, pada tahun 2017 mendatang, para pemudik bisa menggunakan jalan tol hingga Semarang. "Tahun 2017 mendatang bisa dari Jakarta langsung ke Semarang lewat jalan tol," lanjut dia.

Namun, Adityawarman menuturkan, pada mudik tahun ini kemacetan diperkirakan terjadi di Simpang Susun Cikunir.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

"Titik kemacetannya di Simpang Susun Cikunir. Di sana, kendaraan dari tol dalam kota, Priok dan JORR akan bertemu. Untungnya tanggal 1 Juli nanti truk besar dilarang masuk tol. Itu sedikit mengurangi beban," ujar dia.

(ren)

Tol Cipali

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Antisipasi dilakukan sejak dini. Berkoordinasi dengan Polri.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2017