Jelang Puncak Mudik, Sudah 140.248 Kendaraan ke Luar Jakarta

Posko utama mudik Kementerian Perhubungan.
Sumber :
  • Fajar Ginanjar Mukti/ VIVAnews

VIVA.co.id – Pada H-5 Lebaran atau Jumat, 1 Juli 2016, sudah ada 140.248 kendaraan, meliputi sepeda motor, mobil pribadi dan jenis kendaraan lain yang ke luar dari wilayah Jabodetabek untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Data dari Posko Mudik Nasional di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kendaraan yang keluar melalui jalur Merak mencapai 18.087, Cicurug 13.036, Cisarua 19.726, Cileunyi 39.960, Sadang 8.513, serta Ciasem 40.926. Meski begitu, belum ada kemacetan yang berarti yang terjadi pada hari ini. Seluruh jalan tol masih terpantau ramai lancar.

"Posko Nasional ini kita buka mulai H-12 sampai H+10 nanti," uja Kepala Harian Posko Mudik Nasional, Boedhi Setiadjid kepada VIVA.co.id.

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Pada musim mudik kali ini, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada malam ini atau besok pagi. Melalui pantauan CCTV Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, setiap 15 menit sekali, jumlah kendaraan yang masuk dan keluar Jabodetabek akan otomatis terdata.

"Ini kita jaringannya online, update terus per 15 menit," ujar Kasubdit Angkutan Jalan, Ahmad Yani.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

Menurutnya, guna memaksimalkan kinerja pantauan mudik, Kemenhub melibatkan seluruh instansi yang dinaungi Kemenhub, serta instansi terkait seperti, Porli, Korlantas, KNKT, Basarnas, Jasa Marga, Jasa Raharja, BMKG dan Basarnas. .

"Sampai sekarang semua jalur di jalan tol masih lancar termasuk jalur Brebes. Biasanya sore menuju malam baru kelihatan padat," ujar Kirno, petugas pantauan mudik Jasa Marga,

Tol Cipali

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Antisipasi dilakukan sejak dini. Berkoordinasi dengan Polri.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2017