Jokowi Pantau Gladi Bersih Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo meninjau gladi bersih upacara HUT kemerdekaan RI ke-71.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memantau jalannya gladi bersih upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-71, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin 15 Agustus 2016.

HUT ke-77 RI, Kaum Ibu Pakai Gamis untuk Gerak Jalan

Jokowi yang mengenakan kemeja putih yang digulung, tampak serius memperhatikan para pasukan yang memasuki posisi masing-masing. Turut mendampingi Presiden, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua DPD RI Irman Gusman, dan Menteri Sekretaris Negera Pratikno.

Pasukan mulai masuk sekira pukul 09.45 WIB. Dilanjutkan dengan masuknya pasukan pengibar bendera, yang dipilih dari 34 provinsi sebagai perwakilan.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Sembari menyaksikan gladi bersih, Presiden Jokowi tampak sesekali berdiskusi kecil dengan Jenderal Gatot dan Jenderal Tito. Sementara gladi bersih, tetap berlangsung hikmat.

Walau Jokowi hadir di gladi bersih, namun tidak ikut dalam prosesinya. Sehingga peran sebagai Presiden diberikan ke orang lain. Begitu juga posisi Menteri Agama yang di akhir upacara, membacakan doa.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Namun untuk pembacaan teks proklamasi, langsung dibacakan oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman, yang ikut hadir.

Layaknya prosesi pada hari puncak 17 Agustus, usai prosesi dilanjutkan dengan berbagai atraksi. Termasuk atraksi pesawat tempur Sukhoi dan F-16 yang melewati langit Istana dan membentuk formasi.

Lalu dilanjutkan dengan parade lagu-lagu perjuangan dan daerah, yang dipimpin langsung oleh Purwacaraka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya