7.000 Orang di Bengkulu Juga Siap Demo 4 November

Ilustrasi/Aksi protes terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Lebih dari 7.000 orang di Provinsi Bengkulu dipastikan juga akan menggelar demo massal pada Jumat, 4 November 2016. Para demonstran ini terdiri dari organisasi masyarakat Islam dan sejumlah organisasi kemahasiswaan.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Salah seorang koordinator lapangan untuk demo 4 November 2016, Iip Arifin menyebut aksi demo memprotes tindakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok atas dugaan penodaan agama itu akan digelar di tiga titik di Kota Bengkulu.

Iip mengatakan aksi ini akan digelar setelah pelaksanaan salat Jumat di Masjid Agung At Taqwa Anggut. Lalu berlanjut ke Simpang Lima Ratu Samban dan berakhir di kawasan Stadion Sepak Bola Sawah Lebar Kota Bengkulu.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

"Pemberitahuan sudah dilayangkan. Aksi ini murni terkait penistaan agama. Kami berharap tidak ada tindakan represif dari kepolisian," kata Iip, Kamis, 3 November 2016.

Terpisah, Komandan Korem 041 Garuda Emas Bengkulu Kolonel Inf Andi Muhammad mengakui untuk persiapan pengamanan demo 4 November, pihaknya telah menetapkan status siaga satu.

Usai Ditangkap Polisi, TikToker Galih Loss Minta Maaf, Janji Tak Buat Konten Serupa

Ia berjanji tidak ada tindakan represif terhadap para pendemo. "Status siaga satu. Tetapi saya tegaskan tidak ada tindakan represif. Semua diimbau lakukan aksi damai," kata Andi.

Andi mengaku sebelum unjuk rasa ini pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan kepolisian dan sejumlah petinggi ormas Islam di Bengkulu. Dan telah disepakati untuk menggelar aksi damai.

"Semua sepakat tidak anarkis. Jika ada pihak yang mencoba memprovokasi dan mengasut kami tindak tegas," kata Andi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya