Massa FUI dan Simpatisan PKS Yogya Berangkat ke Jakarta

Aksi 4 November yang digelar di sekitar Bundaran Bank Indonesia, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Massa Forum Umat Islam (FUI) dan sejumlah simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Daerah Istimewa Yogyakarta dilaporkan berangkat ke Jakarta pada Kamis, 1 Desember 2016. Mereka hendak mengikuti demonstrasi bertajuk Aksi Bela Islam III di Jakarta pada Jumat, 2 Desember 2016.

Jawaban Santai Presiden PKS Usai Ditolak oleh Partai Gelora Gabung ke Prabowo-Gibran

"Ribuan warga ini berangkat dari beberapa titik kumpul yang salah satunya adalah Masjid Jogokariyan, Yogyakarta," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Angkatan Muda FUI DI Yogyakarta, Muhammad Fuad.

Menurutnya, ribuan orang muslim yang berangkat ke Jakarta itu berasal dari sejumlah ormas Islam, takmir masjid maupun masyarakat umum. Mereka berangkat menumpang kendaraan umum, kereta api, dan mobil pribadi.

Jazuli: Keputusan PKS Koalisi atau Oposisi Tak Pernah Selera Personal

Ribuan orang itu, katanya, berangkat atas inisiatif pribadi dan FUI hanya mengkoordinasi mereka. "Mereka yang berangkat karena bertujuan untuk semata-mata membela agama," katanya menambahkan.

Selain massa FUI, sejumlah pengurus, kader, dan simpatisan PKS Yogyakarta juga dipastikan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Aksi Bela Islam III. Namun mereka tidak boleh menggunakan atribut partai.

Partai Gelora Tolak PKS, Partai Koalisi Serahkan Keputusan Akhir di Prabowo Subianto

"Ada yang berangkat tapi tidak boleh pakai atribut partai. Mereka berangkat atas nama pribadi," kata Arif Rahman Hakim, anggota senior PKS Yogyakarta. Dia juga mengaku sedang dalam perjalanan menuju Jakarta.

(mus)

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman dalam konferensi pers di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Januari 2024

Prabowo Belum Ketemu PKS, Gerindra: Nggak Ada Hambatan Psikologis, Kemungkinan Soal Teknis

Walau mengaku siap berada di dalam pemerintahan, tapi hingga saat ini Prabowo Subianto belum bertemu dengan Partai Keadilan Sejahtera, PKS. Berbeda dengan Nasdem dan PKB.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024