BNPT: Kelompok Teror Sudah Cerdik Gunakan Medsos

Kapolri dan Kepala BNPT teken MoU terkait penanganan terorisme
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen Pol Suhardi Alius mengungkapkan bahwa kelompok terorisme telah memanfaatkan media sosial untuk melancarkan aksinya, salah satunya seperti rekrutmen dan penyebaran teror-teror ke masyarakat.

Pakar Dukung BNPT Tangkal Konten Radikalisme: Butuh Keterlibatan Banyak Pihak

"ISIS misalnya kita lihat mereka mulai lihai menggunakan cyber media untuk sebarkan aksi teror, melakukan rekrut anggota dan bisa menghasut ribuan orang," kata Suhardi saat memberikan sambutan dalam Seminar 'Preventive Justice dalam Antisipasi Perkembangan Ancaman Terorisme' di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa 6 Desember 2016.

Selain itu, menurutnya media sosial juga sudah dimanfaatkan untuk alat koordinasi satu sama lain antara jaringan di seluruh dunia,  menentukan lokasi serangan dan sebagai wadah untuk melakukan penghimpunan dana operasional radikalisme.

BNPT: Sepanjang 2023 Tidak Ada Aksi Terorisme di Indonesia

Dengan adanya ancaman seperti itu, Suhardi berharap pemerintah ke depannya bisa menciptakan Undang-undang yang kuat agar menjadi satu ruang yang cukup dalam menyelesaikam ancaman terorisme di Indonesia.

Suhardi juga menyatakan dalam pencegahan radikalisme dan terorisme juga dibutuhkan peranan untuk memperhatikan sisi sosial masyarakat. Pasalnya, jika semua unsur telah dipenuhi maka Indonesia akan terlepas dari seluruh ancaman terorisme.

Mentan Amran Berkomitmen Bantu Negara Tekan Berkembangnya Pemahaman Terorisme

"Kita butuh ruang untuk melakukan tindakan pencegahan, kami mencatat betul bahwa pemberantasan terorisme tidak semata-mata  penegakan hukum tapi juga sosial dan ekonomi," tuturnya.

Anggota Komisi III DPR RI, Sarifuddin Sudding saat Rapat Kerja Komisi III DPR RI

Lebaran Aman dari Gangguan Terorisme, Komisi III DPR Apresiasi BNPT

Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Sudding mengapresiasi BNPT kinerja BNPT karena momentum lebaran Idul Fitri aman dari gangguan terorisme

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024