Jokowi: Teror Marawi Jadi 'Wake-up Call' Bagi Kita Semua

Presiden RI Joko Widodo.
Sumber :
  • Reuters/Bea Wiharta

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di sela-sela pertemuan KTT G-20 di Hamburg, Jerman. Kedua pemimpin negara tersebut membahas kerja sama penanganan terorisme.

Ada Presiden Jokowi hingga Maliq & D'Essentials, CFD Bundaran HI Penuh Sesak Hari Ini

Jokowi mengatakan, aksi radikalisme semakin marak di berbagai wilayah dunia, termasuk Asia dan Eropa. Serangan terorisme di Marawi, Filipina, adalah contoh nyata penyebaran ideologi radikal.

Bahkan, sebagian kota Marawi sampai sekarang masih diduduki, sehingga ratusan ribu penduduk terpaksa mengungsi.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

"Serangan dan pendudukan kota Marawi menjadi wake up call bagi kita semua, tentang semakin tingginya bahaya terorisme. Situasi ini tentunya dapat mengancam stabilitas kawasan. Oleh sebab itu, Indonesia berinisiatif mengadakan pertemuan tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Filipina," kata Jokowi di Hotel Steigenberger, Hamburg, Jerman, Sabtu 8 Juli 2017.

Jokowi juga mengingatkan bahwa pendanaan bagi gerakan radikal merupakan masalah yang cukup serius. Oleh karenanya, Indonesia dan Belanda harus meningkatkan kerja sama menghentikan pendanaan bagi gerakan radikal dan terorisme.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Selain itu, Jokowi dan Rutte juga membahas kerja sama di bidang pengembangan pelabuhan laut. Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BKPM Thomas Lembong, Duta Besar Indonesia untuk Jerman Fauzi Bowo dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. (one)

Ilustrasi penangkapan juru parkir liar alias Pak Ogah.

Terpopuler: Jukir Liar Depan Istiqlal Ditangkap, Aturan Baru Jokowi BPJS Pengganti Kelas 1,2 dan 3

Persoalan juru parkir atau jukir liar di Jakarta dan sekitarnya, cukup menyedot perhatian dari pembaca. Termasuk yang sempat viral jukir di depan Masjid Istiqlal Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024