Bantuan untuk Rohingya Digalang Ridwan Kamil Lebih Rp1 M

Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung Jawa Barat
Sumber :
  • Bandung.go.id

VIVA.co.id - Dana bantuan kemanusiaan untuk etnis Rohingya di Myanmar yang digalang Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil diklaim telah mencapai lebih Rp1 miliar.

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Penggalangan dana bagi warga muslim korban kekerasan militer Myanmar itu dibuka pada 4 September 2017 dan telah melampaui satu miliar rupiah pada Kamis, 7 September. Dana itu dihimpun melalui Kitabisa.com, aplikasi penggalangan dana untuk bantuan sosial dan kemanusiaan.

"Kurang dari tujuh puluh dua jam, kampanye mengumpulkan dana secara online ini, di jam sepuluh (sampai pukul 10.00 WIB, Kamis, 7 September 2017) sudah tembus satu miliar," kata Ridwan Kamil di Bandung pada Kamis, 7 September 2017.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Dana itu masih akan bertambah setelah bantuan serupa digalang melalui kantor-kantor kelurahan dan kecamatan di Kota Bandung. Ridwan memperkirakan, pada Senin pekan depan dana terkumpul lebih Rp1,5 miliar.

Dana bantuan, kata Ridwan, dipastikan disalurkan kepada warga Rohingya, terutama di pengungsian di Bangladesh, melalui relawan lembaga kemanusiaan Aksi Tanggap Darurat yang sudah berada di sana sejak pekan lalu.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Wali Kota mengapresiasi penggalangan dana itu sehingga dana yang terkumpul telah melampaui target dan bahkan masih terus bertambah. "Mudah-mudahan ini membuktikan orang Indonesia hebat, kalau urusan kekompakan, kemanusiaan, ternyata luar biasa," katanya. (mus)

Kepadatan arus lalu lintas kendaraan di daerah wisata Lembang, Bandung Barat

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dipadati wisatawan pada Sabtu, 13 April 2024, atau H+3 Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024