5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara, Posisi Indonesia Mencengangkan

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut
Sumber :
  • Instagram TNI AL

Jakarta – Membicarakan tentang kehadiran Angkatan Laut yang memiliki jumlah kapal terbesar di Asia Tenggara merupakan topik menarik yang patut diperhatikan. Setiap tahun, negara-negara di wilayah ini terus meningkatkan kekuatan militer mereka, menjadikan Asia Tenggara sebagai salah satu daerah paling dinamis di dunia. 

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dengan posisinya yang strategis di jalur perairan penting, negara-negara di kawasan tersebut secara khusus berfokus pada pembangunan kekuatan militer mereka dengan menambah jumlah peralatan dan senjata. Survei tahunan tentang kekuatan militer global oleh Global Fire Power, memberikan gambaran soal kekuatan militer tiap negara, termasuk di Asia Tenggara.

1. Indonesia 

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

Photo :
  • Instagram TNI AL

Indonesia menempati peringkat teratas sebagai negara dengan kekuatan Angkatan Laut paling kuat dan memiliki armada tempur terbesar di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, Indonesia juga berada di peringkat keenam dalam daftar Angkatan Laut terkuat di seluruh dunia. 

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Dalam hal jumlah armada, Indonesia memiliki sejumlah besar kapal tempur dalam Angkatan Lautnya, termasuk 10 kapal fregat, 21 kapal korvet, 4 kapal selam, 202 kapal patroli, dan 13 kapal perang tambang.

2. Thailand

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut Thailand, HTMS Kraburi (FFG-457)

Photo :
  • Youtube

Thailand menempati peringkat kedua dalam daftar ini. Negara ini memiliki kekuatan militer Angkatan Darat terkuat di Asia Tenggara dan menempati peringkat kesembilan secara global. Thailand memiliki 1 kapal pengangkut helikopter, 7 fregat, 6 korvet, 49 kapal patroli, dan 5 kapal perang tambang. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Ilustrasi tentara Myanmar

Photo :
  • AP News

Myanmar, pada peringkat ketiga, adalah negara dengan kekuatan militer Angkatan Laut terkuat di Asia Tenggara dan menempati peringkat ke-14 secara global. Myanmar juga memiliki sejumlah armada tempur yang cukup besar, termasuk 5 kapal fregat, 3 kapal korvet, 2 kapal selam, 124 kapal patroli, dan 2 kapal perang tambang.

VIVA Militer: Kapal Perang Angkatan Laut Rakyat Vietnam, Ly Thai To (HQ-012)

Photo :
  • Instagram/@marinir_tni_al

Vietnam menempati peringkat keempat, dengan Vietnam menduduki peringkat ke-33 sebagai negara dengan Angkatan Laut terkuat di dunia. Vietnam memiliki 9 kapal fregat, 14 kapal korvet, 6 kapal selam, 54 kapal patroli, dan 8 kapal perang tambang. Diperkirakan jumlah ini akan terus bertambah di masa mendatang.

Kapal perusak berpeluru kendali Angkatan Laut AS USS Curtis Wilbur berpatroli di Laut Filipina dalam foto bertanggal 15 Agustus 2013.

Photo :
  • ANTARA/AL AS/Declan Barnes/HO via Reuters

Filipina, meskipun jarang diberitakan, berada di peringkat kelima sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di Asia Tenggara. Secara global, Angkatan Laut Filipina menempati peringkat ke-35. Untuk menjaga keamanan lautnya, Filipina memiliki 2 fregat, 1 korvet, dan hanya 50 kapal patroli. Dengan jumlah tersebut, Filipina mampu bersaing dengan Singapura dan Malaysia yang berada di bawahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya