10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Asia, Nomor Berapa Bahasa Indonesia?

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Bahasa Mandarin, yang merupakan bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di Asia dan peringkat kedua di dunia setelah bahasa Inggris, digunakan oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Namun, jika melihat keberadaan bahasa lain di Asia, hanya bahasa Hindi yang dapat menyaingi bahasa Mandarin dalam jumlah penutur terbanyak kedua di Asia, menurut laporan dari situs Lingua Edu.

Meskipun jumlah penutur bahasa Indonesia dan bahasa Hindi tidak sebanyak bahasa Mandarin, bahasa Indonesia telah berhasil masuk dalam lima besar bahasa yang paling banyak digunakan di Asia, dengan jumlah penutur mencapai 200 juta orang. Bahkan, bahasa Jawa juga tercatat dalam laporan Lingua Edu sebagai bahasa yang digunakan oleh 84 juta penutur.

5 Bahasa Kucing yang Harus Dipahami Pemiliknya

Ilustrasi Bahasa Mandarin

Photo :
  • pinterest.com

Untuk melihat daftar lengkap bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di Asia, informasinya dapat ditemukan di sumber yang disebutkan.

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

1. Bahasa Mandarin - 1,1 Miliar Penutur

Seiring kemajuan China dalam perkembangan ekonomi dunia, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah orang yang tertarik mempelajari bahasa ini sebagai bahasa kedua atau ketiga semakin meningkat.

2. Bahasa Hindi - 698 Juta Penutur

Mirip dengan China, bahasa ini semakin banyak digunakan karena banyak orang ingin berbisnis di India yang penduduknya nomor dua terbesar di dunia.

3. Bahasa Arab - 273 Juta Penutur

Bahasa ini digunakan oleh negara-negara Timur Tengah yang tersebar di Asia Barat dan Afrika Utara. Negara di Asia Barat yang menggunakan bahasa Arab antara lain Arab Saudi, Bahrain, Irak, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Suriah, UEA, Yaman, dan Yordania.

4. Bengali - 265 Juta Penutur

Ilustrasi Bahasa Arab.

Photo :
  • istockphoto.com

Bahasa ini berasal lebih dari seribu tahun yang lalu dan merupakan bagian dari sub-cabang Indo-Arya Timur. Bangsa Indo-Arya sendiri adalah penggembala dan keturunannya yang bermigrasi dari Asia Tengah ke Asia Selatan.

5. Bahasa Indonesia - 200 Juta Penutur

Meskipun mayoritas penduduk Indonesia saat ini dwibahasa, tapi bahasa Indonesia adalah bahasa ibu mereka. Bahasa ini juga diucapkan di berbagai bagian Malaysia dan Timor Leste.

Meskipun berpenduduk ratusan juta, bahasa ini lebih sering digunakan di perkotaan Indonesia daripada di pedesaan.

6. Urdu - 170 Juta Penutur

Urdu adalah bahasa resmi Pakistan, namun penggunaannya di India utara telah meningkat pesat dalam beberapa dekade terakhir.

Urdu ditulis dari kanan ke kiri dengan alfabet yang sama digunakan untuk bahasa Arab dan Persia. Bahasa ini diwariskan oleh bangsa Mongol dari India utara dan telah dilakukan selama berabad-abad berkat perdagangan.

7. Bahasa Jepang - 150 Juta Penutur

Meskipun Jepang hanya memiliki memiliki sekitar 126 juta penduduk, tetapi untuk bahasa mereka dipakai di tempat lain seperti Palau, Kepulauan Marshall, Guam, Hawaii, Mikronesia, Korea Selatan, Taiwan, dan banyak lagi.

Salah satu yang mendukung penggunaan bahasa ini adalah budaya-budaya yang dimiliki oleh Jepang.

8. Bahasa Jawa - 84 Juta Penutur

Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan di wilayah Indonesia, terutama di pulau Jawa. Terdapat beberapa dialek bahasa ini, antara lain Jawa Timuran, Banyumasan, hingga Mataraman (Jogja/Solo).

9. Wu Chinese - 80 Juta Penutur

Dialek bahasa Tionghoa ini digunakan di berbagai bagian timur negara itu. Selain itu, emigrasi juga menyebabkan bahasa ini sering digunakan di Taiwan, Hong Kong, dan Singapura.

10. Telugu - 79 Juta Penutur

India dengan penduduk terbanyak di dunia juga memiliki bahasa lain yakni Telugu. Bahasa ini terutama digunakan di bagian barat yakni bagian Telangana, Andhra Pradesh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya