Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Min Aung Hlaing dan istrinya Kyu Kyu Hla bersama Hti saat upacara rekonsekrasi
Sumber :
  • The Irrawaddy

VIVA – Upaya terbaru dari pemimpin junta, Min Aung Hlaing, untuk mencari berkah ilahi gagal pada hari Minggu ketika rezimnya kehilangan kendali atas satu kota lagi di negara bagian Rakhine, Myanmar bagian barat, dikutip dari The Irrawaddy.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Min Aung Hlaing dan keluarganya berada di Bago pada hari Minggu, meresmikan kembali pagoda Kyaik Pannaya kuno di kota tersebut. Bago adalah ibu kota kerajaan Mon Hanthawaddy selama abad ke-13 hingga ke-16. Pagoda itu konon dibangun oleh raja-raja Mon lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Min Aung Hlaing dan istrinya Kyu Kyu Hlaw bersama Hti pada upacara pentahbisan

Photo :
  • The Irrawaddy
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dalam upacara itu, Min Aung Hlaing memukul bel pagoda sembilan kali, tanda bahwa dia sedang melakukan yadaya, ritual sihir Burma yang bertujuan untuk menghindari bencana. Angka sembilan dianggap sebagai angka yang membawa keberuntungan dalam numerologi Burma, dan merupakan talisman para jenderal Myanmar.

Namun, yadaya Min Aung Hlaing tampaknya tidak cukup kuat untuk melawan Arakan Army (AA), sekelompok bersenjata etnis yang berbasis di Negara Bagian Rakhine dan telah menyerang rezim di negara bagian barat Myanmar sejak November tahun lalu ketika mereka merebut kota Rathedaung pada hari yang sama, setelah menduduki kota Pauktaw, Ponnagyun, Mrauk-U, Minbya, Myebon, Ramree, Kyauktaw, dan Taung Pyo Letwe, serta kota Paletwa di Negara Bagian Chin.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Obsesi Min Aung Hlaing dengan peresmian kembali pagoda berasal dari keinginannya untuk memenangkan jabatan presiden negara itu. Dia meresmikan kembali Kuil Htilominlo abad ke-12 di Bagan pada Februari 2020 menjelang pemilihan pada November tahun itu. 

Secara tradisional, diyakini bahwa para penguasa yang memberikan persembahan di pagoda akan menerima berkah ilahi dan menikmati pemerintahan yang panjang.

Dia juga membangun patung Buddha kolosal, yang dijuluki sebagai patung Buddha duduk tertinggi di dunia, di Naypyitaw. Atribut patung Buddha Maravijaya erat kaitannya dengan angka sembilan. Nama Maravijaya berarti "untuk menaklukkan Mara", atau bahaya.

Min Aung Hlaing memercikkan tanda yang terdiri dari para tokoh sihir dengan dupa

Photo :
  • The Irrawaddy

Pada Februari 2022, ketika pemberontakan bersenjata terhadap rezimnya semakin intensif, Min Aung Hlaing meresmikan kembali pagoda desa di Township Pwintbyu, yang hanya berjarak 20 km dari Kota Minbu di Wilayah Magwe, tempat dia lahir. Dia mengubah nama pagoda dari Thet Thar Pantaung menjadi Setkkyar Pantaung, dan keluarganya bergabung dalam upacara peresmian itu.

Dia juga memiliki kotak magis susunan khusus angka, huruf Burma, dan gambar yang diukir di halaman pagoda, bertujuan untuk menghindari oposisi dan ancaman terhadap nyawa seseorang.

Saat Siklon Mocha yang menghancurkan mendekati Negara Bagian Rakhine pada Mei 2023, pemimpin junta sibuk meresmikan sebuah pagoda di Kengtung di Shan State timur.

Pagoda itu dibangun oleh mentor Min Aung Hlaing, biksu Buddha U Kovida, yang dikenal karena sumpah diamnya. Terkenal sebagai ahli astrologi dan praktisi okultisme yang terampil, biksu itu diyakini sebagai penasihat astrologis jenderal.

Tidak lama setelah kudeta, biksu itu dituduh memberi nasihat kepada Min Aung Hlaing untuk memerintahkan pasukan keamanan menembak para pengunjuk rasa di kepala. Sebagian besar pengunjuk rasa anti-rezim yang tewas dalam beberapa hari awal penindasan junta memiliki luka tembak di kepala.

Sementara militer Myanmar menderita kekalahan memalukan di Negara Bagian Shan utara tahun lalu, Min Aung Hlaing meresmikan kembali dua pagoda kuno di Naypyitaw pada 2 dan 3 Januari daripada mengawasi operasi.

Min Aung Hlaing mendapat sedikit ruang bernapas ketika Tiongkok menyelenggarakan gencatan senjata antara rezim dan pasukan etnis di Negara Bagian Shan utara pada pertengahan Januari, sesuatu yang mungkin dia anggap sebagai tanda bahwa yadaya-nya berhasil. Jadi, dia meresmikan kembali sebuah pagoda di Bago di tengah pertempuran sengit di Rakhine.

Bahkan pendukung militer telah memperolok-olokkan Min Aung Hlaing dengan panggilan "Phaya Daga", sebutan Burma untuk seseorang yang membangun pagoda. Mereka bahkan meminta dia mundur setelah kekalahan di Negara Bagian Shan utara.

Pada saat dia masih menjadi seorang perwira muda di militer Myanmar, Min Aung Hlaing membawa patung Buddha kecil di dalam tasnya saat berada di garis depan, berharap itu akan menjauhkan segala bahaya. 

Dia hampir tidak menunjukkan kemampuan untuk mengelola Myanmar sejak secara gegabah menggelar kudeta pada tahun 2021. Jadi, tidak heran jika dia mencari berkah ilahi karena dia tidak mampu mengurus negara itu sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya