Program Kemenhub, Naik Kereta Semarang-Jakarta Cuma 3 Jam

Kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya ke Ambarawa, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Dalam kunjungannya ke Ambarawa, Jawa Tengah, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan akan meningkatkan sejumlah infrastruktur transportasi di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Gaya Menhub Budi Karya Bernyanyi dan Gitaran di Kapal Penumpang

Pembangunan ini merupakan upaya pemerintah dalam mengejar ketertinggalan dan menjadikan Indonesia negara yang kompetitif. Salah satunya ditandai dengan memenuhi kualifikasi internasional seperti pertumbuhan, inflasi, dan daya saing yang lebih baik.

"Melalui sektor perhubungan kami menginisiasi beberapa proyek yang akan dilakukan di Jawa Tengah, yaitu membangun beberapa bandara di antaranya di Semarang, Jogja, Solo, Wirasaba, dan Cepu," ujar Budi kepada wartawan usai mengisi acara diskusi “Sukses Indonesiaku” di Museum Kereta Api Ambarawa, Jawa tengah, Minggu, 15 Oktober 2017.

Menhub: Transportasi Jakarta Tak Mungkin Dibiarkan Sendiri

Selain bandara, menhub juga mengatakan akan mengefektifkan kembali fungsi-fungsi jalan kereta api dengan membangun jalan double track, seperti yang sudah diselesaikan di utara Jawa dan yang sedang dalam proses di jalur selatan.

"Berikutnya, kami akan membangun lagi kereta Jakarta-Surabaya yang melewati Semarang. Diharapkan kereta itu dari Semarang menuju Jakarta kurang lebih tiga jam," ujarnya.

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

Sementara itu, untuk menyongsong Lebaran tahun depan, menhub tengah menyiapkan jalan tol Jakarta, Semarang, Solo, dan Surabaya. Tol tersebut nantinya tidak hanya akan memberikan kelancaran bagi pemudik, tapi juga bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat yang dilalui jalur tol itu.

"Oleh karena itu ada beberapa tempat seperti Brebes, Cirebon, Pekalongan, Semarang, dan Salatiga yang bisa memanfaatkan rest area untuk UKM yang memang menikmati lintasan jalanan dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur," tutur Budi.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama National Pooling

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

BRI terus memperluas dan mengembangkan layanan perbankan melalui sinergi dengan BUMN menggandeng KAI beserta anak usahanya kerja sama fasilitas National Pooling.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022