Ditantang Jokowi Berbisnis, Kaesang Tak Diberi Modal

Kaesang Pangarep
Sumber :
  • instagram.com/kaesangp

VIVA – Bakat bisnis Presiden Joko Widodo rupanya kini juga menular kepada anak ketiganya, Kaesang Pangarep. Pria yang dikenal sebagai seorang Vlogger itu kini memulai bisnis startup kuliner rumahan.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Kaesang secara terang-terangan mengaku ide membuat aplikasi jual beli yang bagi para pecinta makanan rumahan ini berawal dari tantangan sang ayahnya, Presiden Jokowi.

"Awalnya saya ditantang sama bapak (Presiden Jokowi) untuk memajukan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Tapi bapak tak memberikan apapun ke saya, " kata Kaesang di Semarang, Senin, 11 Desember 2017.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Menjawab tantangan sang ayah, Kaesang lalu mulai berbisnis makanan lewat warung bernama Sang Pisang. Meski cukup sukses, menurut Kaesang, bisnis tersebut masih kurang efektif untuk memberdayakan UMKM. 

"Kayak saya kemarin buat Sang Pisang itu awalnya dari Makassar. Nah kalau satu-satu terus begitu kapan selesainya. Kan saya modalnya enggak banyak. Maka saya buat Madhang.id ini, " ujar adik Gibran Rakabuming Raka itu.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Usaha di bidang kuliner ini diluncurkan perdana di Kota Semarang dengan tim bersama mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Meski baru fokus di Semarang, ia berharap bisnis itu akan berkembang ke kota-kota lain.

"Sebenarnya kuliner di Indonesia itu bermacam-macam. Cuma karena awalnya dari Semarang dan saya di Solo akhirnya kembangkan dahulu dari Jateng, " ucapnya.

Pria kelahiran Solo, 25 Desember 1994 itu mengaku, masakan rumahan memiliki peluang besar dan bisa menjadi bisnis baru. Ia berharap aplikasi ini bisa menjadi wadah bagi ibu-ibu rumah tangga untuk mengembangkan bisnisnya.

"Melalui Madhang.id ini para ibu rumah tangga bisa berbisnis melalui dapur mereka masing-masing. Kita ingin mengangkat juga masakan rumahan ke level lebih tinggi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya