Sengaja Daftar Hari Terakhir, PDIP Yakin Daftar Caleg Bikin Tercengang

Sekjen PDIP sekaligus Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menyatakan bakal menyiapkan kejutan saat pendaftaran bakal calon legislatif atau bacaleg ke KPU, besok Selasa 17 Juli 2018. 

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Partai itu akan menyodorkan sejumlah nama populer dari berbagai latar belakang profesi dan disiplin ilmu. 

Mereka disebutkan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto ialah tokoh nasional dengan pengalaman luas di bidang politik, hukum, kebudayaan, tokoh antikorupsi dan dianggap punya basis massa kuat di wilayahnya. 

Heboh Loker PT KAI Dianggap Sulit, Tere Liye: Kalau Mau Gampang Daftar Jadi Caleg DPR

"Mereka menjadi satu kesatuan kekuatan gotong royong partai. Kami memberikan pembekalan singkat agar mereka semakin memahami kebijakan ideologis yang diperjuangkan partai," kata Hasto dalam siaran pers kepada wartawan, Senin 16 Juli 2018. 

Untuk menjalani tradisi kepartaian, kata Hasto, bakal calon legislatif telah mengikuti pembekalan sejak Minggu 15 Juli 2018. Setelah itu, mereka juga diwajibkan mengikuti psikotes secara online

KPU: Caleg Terpilih Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Usai pendaftaran pun, pembekalan dilanjutkan bagi bacaleg mengikuti sekolah partai.

"Di dalam pembekalan tersebut, semua wajib menjalankan perintah Ketua Umum ibu Megawati Soekarnoputri untuk menjadikan pileg dan pilpres satu napas. Artinya PDI Perjuangan dan Pak Jokowi wajib dimenangkan," kata Hasto.

Hasto menilai, sistem informasi pencalonan (Silon) yang diterapkan KPU memudahkan setiap partai melakukan pendaftaran. Ia menyebut, pemasukan data melalui Silon sengaja dilakukan pada hari terakhir untuk memberikan efek kejut terkait profil bacaleg dari Moncong Putih tersebut. 

Seperti diketahui, sejak dibuka pendaftaran 4 Juli hingga 17 Juli 2018, baru Partai NasDem dari 16 partai peserta hari ini yang resmi mengajukan dokumen calonnya ke KPU. 

"Karena itulah sebagian data terkait dengan para tokoh nasional tersebut kami input pada saat akhir, agar element of surprise-nya semakin kuat. Pendaftaran calon akan dilakukan dengan mengambil spirit angka 17 yakni pada hari Selasa, 17 Juli 2018 jam 13.30," kata Hasto.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya