Kalla Tak Setuju Rumah Aspirasi

Jusuf Kalla di Rapat Pansus Century DPR RI
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menyatakan sangat tidak mendukung rumah aspirasi yang diusulkan oleh Badan Urusan Rumah Tangga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Saya kira, tidak perlu adanya rumah aspirasi tersebut,” kata dia kepada wartawan usai mengikuti acara Charity Golf Tournament Palang Merah Indonesia (PMI) memperebutkan Piala Jusuf Kalla di klub Golf Bogor Raya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Minggu 8 Agustus 2010.

Mestinya, lanjut Kalla, rumah aspirasi untuk anggota dewan itu didanai partai politik (parpol) masing-masing. Karena, sambungnya, anggota dewan itu yang menjadi wakil rakyat itu dipilih dari parpol. ”Jadi tidak perlu rumah aspirasi,”tuturnya.

Ide memberikan dana Rumah Aspirasi kepada anggota DPR besarnya Rp200 juta per tahun. Selain juga, ide Rumah Aspirasi juga diatur dalam Tata Tertib DPR pasal 203 ayat 4 yang berbunyi, "Selain kunjungan kerja, anggota dalam satu daerah pemilihan dapat membentuk rumah aspirasi" dan  ayat 5 "Rumah Aspirasi berfungsi untuk menerima dan menghimpun aspirasi masyarakat."
 
Sehingga, dengan dasar aturan di DPR itu, ada kalangan yang setuju dengan rumah aspirasi, ada juga yang menyatakan dengan tegas menolak rencana rumah aspirasi bagi anggota dewan.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Korea Selatan 11-10 lewat adu penalti dalam perempatfinal Piala Asia U23 Jumat 26/4.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024