Jimly: Peredaran Foto dan Video ARB Itu Black Campaign

Rapat Kode Etik KPU
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ketua Dewan Kehormataan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengimbau pimpinan partai politik dan para calon presiden agar tidak melakukan kampanye hitam atau tindakan lain yang menjatuhkan karakter pribadi lawan. Cara-cara kampanye seperti itu, menurutnya, tidak baik dalam berdemokrasi.

"Black campaign tidak sehat dalam proses pemilu," kata Jimly, Kamis 27 Maret 2014.

Meski tidak melakukan kampanye hitam untuk menjatuhkan lawan, pimpinan partai politik harus bertanggung jawab untuk mendidik dan mengarahkan pendukungnya agar tidak melakukan hal itu.

Jimly pun menilai peredaran video dan foto Ketua Umum Golkar sekaligus capres Aburizal Bakrie (ARB) merupakan salah satu bentuk kampanye hitam. "Foto Ical (ARB) itu jelas black campaign. Dalam gambar itu seolah-olah ada affair, padahal itu peristiwa itu dua tahun lalu," katanya.

Hal serupa, kata Jimly, juga pernah menimpa Basuki T Purnama atau Ahok ketika pemilihan umum kepada daerah DKI Jakarta. Ketika itu Wakil Gubernur DKI Jakarta itu diserang oleh kelompok tertentu dengan isu SARA. "Seperti Ahok dulu pernah dihina," katanya.

Kendati demikian, kampanye negatif tidak dipermasalahkan. Misalnya seseorang capres menyindir calon pemimpin yang tak layak. "Asal jangan menyebut nama tokoh tertentu," katanya.

Detik-detik Pria Nekat Hampiri Presiden Jokowi, Mengadu Nasib Usai Gaji 6 Tahun Ditahan Negara
Vinanda Prameswati

Bakal Jadi Calon Wali Kota Kediri, Begini Reaksi Kelabakan Vinanda Prameswati saat Ditanya Program

Dalam cuplikan video beredar tersebut nampak bakal calon wali kota (Bacawali) Kediri ini terlihat tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh salah seorang wartawan

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024