Survei Puskaptis

"Banyak yang Bilang Debat Omong Kosong"

VIVAnews - Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) mengeluarkan hasil survei persepsi publik terhadap pelaksanaan Pemilihan Presiden 8 Juli 2009, hari ini, Minggu 5 Juni 2009. Salah satunya, soal pengaruh debat calon presiden dan wakil presiden terhadap perilaku para pemilih.

Berdasarkan hasil survei Puskaptis, sebanyak 72,27 responden mengatakan debat tidak berpengaruh pada pilihan mereka. Yang menjawab sebaliknya hanya 2,15 persen, sementara 25,58 persen memilih tak memberi jawaban.

"Debat hanya berpengaruh pada orang, untuk berpartisipasi saja," kata Direktur Eksekutif Puskaptis, Husen Yasid, dalam paparannya di Ruang Bengawan Solo, Hotel Sahid, Minggu 5 Juli 2009.

Debat bagi responden bukan untuk menentukan calon presiden pilihan. "Tolak ukurnya dari data yang telah kita himpun, banyak yang bilang omong kosong," kata dia.

Debat, tambah Husen, pengaruhnya lebih pada sosialisasi Pilpres. "Ini merupakan keberhasilan Komisi Pemilihan Umum dalam menyosialisasikan Pilpres," tambah dia.

Selain survei soal pengaruh debat, Puskaptis juga menyurvei kemantapan responden terhadap calon pilihannya. Sebanyak 78,52 persen responden mengaku mantap dengan calon pilihannya. Sebanyak 12,11 menyatakan mungkin berubah, sementara 9,38 lainnya tak menjawab.

Survei Puskaptis  dilakukan di 606 kecamatan seluruh Indonesia, dengan margin error 3 persen.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun
Brandon Salim dan Dhika Himawan

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Proses kejutan untuk melamar Dhika Himawan cukup panjang, pertama-tama, Brandon Salim meminta restu pada orang tua Dhika Himawan pada 29 Februari 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024