Persaingan Global, Jokowi Akui Indonesia Minus Pengelolaan

Presiden Joko Widodo dan prajurit tentara militer China Tiongkok di KTT G20
Sumber :

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menyebut lndonesia mempunyai potensi besar dalam menghadapi persaingan global dengan negara-negara lainnya.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Menurut Presiden Jokowi, persaingan global akan menyangkut tiga hal yakni energi, pangan dan air.

"Ketiganya kita memiliki potensi kekuatan tapi belum dikelola dengan baik," kata Presiden Jokowi saat memberikan pembekalan terhadap alumni dan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan LlV dan LV Lemhamnas RI di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 2 November 2016.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Presiden Jokowi menekankan bahwa lndonesia mempunyai modal untuk bersaing dengan negara-negara lain. Oleh karena pekerjaan rumah pada saat ini adalah mengoptimalkan hal tersebut.

Indonesia termasuk negara yang mempunyai penduduk paling banyak di Asia. Selain itu, produk domestik bruto (PDB) Indonesia di Asia berkisar antara 40 hingga 45 persen.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

"Aritinya kalau ada apa-apa di lndonesia, semua akan kena imbas. Apa pun yang namanya negara Asia adalah competitor, pesaing dalam mendapatkan investasi, modal," ujar Jokowi.

Pada pembekalan itu, Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan Menko Polhukam Wiranto. Terlihat hadir pula Gubernur Lemhamnas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang memimpin 182 orang alumni dan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan LlV dan LV Lemhamnas tersebut.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, tidak ingin ikut campur terkait posisi Presiden Jokowi di PDIP. Termasuk nasib kakaknya, Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024