PKS: Masuk Kabinet, Kompensasi PDIP Apa?

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera mempertanyakan rumor masuknya kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam kabinet 2009-2014 yang disusun Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. PDIP yang tak berkeringat dalam Pemilihan Presiden untuk SBY, kok bisa diberi kursi?

"Jika PDIP diberi dua kursi, kompensasinya apa?" kata Presiden PKS, Tifatul Sembiring, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Selasa 25 Agustus 2009. "Apa yang bisa diberikannya pada SBY-Boediono?"

Apalagi, kata Tifatul yang terpilih masuk parlemen 2009-2014 itu, sikap PDIP belum bulat soal berkoalisi dengan pemenang Pemilu dan Pemilihan Presiden 2009 itu. "Mereka belum satu suara," kata Tifatul. Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas setuju, sementara anak-anak buahnya masih ada yang belum setuju.

Sementara rencana memberi kursi untuk Partai Golongan Karya juga dipertanyakan. Menurut Tifatul, harus ada konsekuensi yang ditanggung Golkar jika masuk kabinet. "Misalnya tak boleh beroposisi di parlemen," kata Tifatul.

Secara pribadi, pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat, itu menyarankan Golkar dan PDIP tetap berada di luar kabinet. Selain mengembangkan politik checks and balances, juga memberikan pelajaran politik. "Tapi itu terserah mereka," ujarnya.

Sebelumnya, informasi dari dalam Demokrat menyebut PDIP dan Golkar masing-masing diberi jatah dua kursi kabinet. Dua jatah itu diberikan pada profesional yang dekat dengan kedua partai tersebut.

PKS sendiri dikabarkan mendapat lebih dari dua kursi kabinet, sementara mitra koalisi yang masuk parlemen lainnya dibatasi dua kursi saja. PKS mendapat kursi kedua terbesar setelah Demokrat.

Kantongi Sertifikat Halal BPJPH, Coway Genjot Inovasi Produk
Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea

Timnas Indonesia U-23 akan melawan Guinea pada playoff Olimpiade Paris 2024, di Clairefontaine. Begini pengakuan jujur pelatih Shin Tae-yong soal timnya.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024