PKS Siap Tolak Laporan Pansus Angket KPK di Paripurna

Suasana Sidang Paripurna DPR beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – PKS akan coba tetap konsisten tak setuju dengan proses dalam Pansus Angket KPK. Wakil Ketua Fraksi PKS DPR Ecky Awal Mucharam mengatakan, PKS akan menolak laporan kinerja KPK dalam sidang paripurna, Selasa, 26 September 2017.

Massa PKS Hari Ini Gerudug KPU Depok Tuntut Usut Dugaan Penggelembungan Suara Caleg DPR RI

"Konsideran-konsideran terkait dengan tidak ikut sertanya PKS dalam pansus ini dan publik sudah tahu, dan kita komitmen terkait pemberantasan korupsi," kata Ecky di gedung DPR, Jakarta, Senin 25 September 2017.

Ia mengakui pemberantasan korupsi memang menjadi tugas dari kepala negara. Tapi, KPK juga ia anggap sebagai bagian dari organ pemberantasan korupsi. Sehingga PKS memandang KPK masih diperlukan untuk negara.

Rencana PKS Batalkan IKN Nusantara Dinilai Sangat Emosional dan Tidak Visioner

"Artinya sikap kita dari awal benang merah tetap. Masa ujug-ujug tak ikut membahas terus setuju (dengan hasil kerja pansus). Dan tak mungkin toh. PKS tetap kita komitmen sejak awal kita tak masuk pansus, kami tak bertanggung jawab terhadap seluruh keputusan pansus," jelas Ecky.

Soal kemungkinan rekomendasi hak menyatakan pendapat, ia menilai hal tersebut memang kewenangan konstitusi. Tapi ia tak akan sependapat ketika hak tersebut diajukan.

Jubir PKS: Anies Baswedan Seorang Teknokrat Pengalaman Lengkap, Bukan Kaleng-Kaleng

"Sejak awal kita menolak. Keputusan menolak, berarti rekomendasinya menolak. Tapi judulnya nanti tidak tahu," kata Ecky.

Capres Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Nama Anies Baswedan Mencuat Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024, PKS Siap Usung Lagi?

Sosok Anies Baswedan, kembali mencuat untuk diajukan sebagai calon gubernur, atau cagub, di Pilkada DKI Jakarta 2024. PKS, yang kerap mengusungnya, bagaimana melihat itu?

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024