Timor Leste, Kekuatan Mengejutkan di Piala AFF U-19

Timnas Timor Leste U-19
Sumber :
VIVAbola -
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
Hanya dalam kurun waktu 8 bulan, pelatih Norio Tsukitate sukses memoles talenta Timor Leste jadi kekuatan menakutkan di ajang Piala AFF U-19 2013. Dari lima kontestan Grup A, hanya Singapura yang sukses merebut satu poin dari Nataniel de Jesus dkk. Selebihnya, semua dilibas dan lolos meyakinkan sebagai tim yang tak terkalahkan di fase penyisihan.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia
 
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot
“Saya dipercaya menjadi pelatih U-19 Timor Leste akhir 2012. Namun persiapan tim baru dilakukan Februari lalu. Beruntung bagi saya, banyak pemain berbakat di Timor Leste. Soal pemain naturalisasi, saya tidak yakin karena belum paham aturan pemerintah. Yang saya mengerti hanyalah dwi kewarganegaraan lazim di Timor Leste,” terang Norio ketika diwawancarai sekilas usai berlatih di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Kamis 19 September siang.
 

Yah, negara kecil yang diapit wilayah Indonesia itu, sempat menjadi provinsi ke-27 NKRI sebelum lepas setelah terjadi jajak pendapat yang memenangkan kubu pro kemerdekaan di akhir 90-an. Sebelumnya, Timor Leste menjadi daerah jajahan Portugal selama ratusan tahun. Tak heran, selain bahasa lokal, percakapan keseharian menggunakan bahasa Indonesia maupun Portugal sudah biasa dilakukan warga setempat.

 

Faktor itu pula yang membuat banyak warga Timor Leste masih diakui sebagai warga negara Portugal, salah satu negara raksasa sepakbola yang kerap melahirkan bintang-bintang besar di lapangan hijau. Termasuk Cristiano Ronaldo yang kini membela klub elit Spanyol, Real Madrid.  

 

Bisa jadi, perubahan kekuatan ini terpengaruh faktor kedekatan kultural itu. Kasat mata terlihat dari nama-nama pemain yang dibawa Norio ke Sidoarjo. Bahkan pendukung Garuda pasti pernah mengingat adanya nama Miro Baldo Bento. Kendati hanya sesaat, namun keberhasilan Bento menembus skuad Timnas Indonesia kala itu menjadi buah bibir sebagai satu-satunya pemain asal Timor Timur, nama lama ketika masih jadi provinsi Indonesia.

 

“Kendala kami di Timor Leste, minim infrastruktur memadai. Karena itu, kesempatan berlaga di Piala AFF U-19 sangat penting untuk mematangkan organisasi permainan. Banyak harapan yang dibebankan kepada tim ini. Tapi kami menyadari, banyak tim-tim kuat, termasuk Indonesia yang akan jadi lawan kami di semifinal,” ucap Norio.


Ketangguhan Timor Leste akan mendapat ujian berat di babak semifinal. Mereka akan menghadapi tuan rumah Indonesia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat 20 September 2013.


Daftar Pemain Timor Leste

1-Fabio Augusto (gk); 2-Jorge Sabas Victor, 5-Candido Monteiro, 16-Moises Pina Armorin, 8-Adelino De Oliviera; 20-Ezequiel dos Santos, 7-Januario da Costa, 6-Marcos Morais, 10-Nataniel de Jesus; 9-Frangcyatma Alves, 11-Henrique Wilson Martins.


Cadangan:

2-Nidio Octavio Neto, 4-Agostinho da Silva Araujo, 12-Francisco Ronaldo Gusmao, 13-Eujebio Pereira, 14-Jose dos Santos Almeida, 15-Jorge Manuel Alves, 17-Rufino Walter Gama, 18-Carlos Jovanio Magno, 19-Domingos Ramos Freitas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya