Persija Tidak Boleh Lengah

Persija Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Persija Jakarta menjamu Home United dalam leg kedua Piala AFC Zona ASEAN di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa 15 Mei 2018. Tim berjuluk Macan Kemayoran harus membalas dendam atas kekalahan 2-3 di leg pertama.

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

Memang tidak sulit bagi Persija untuk menyingkirkan Home United dari Piala AFC musim ini. Dua gol di kandang lawan membuat skuat asuhan Stefano Cugurra Teco cuma butuh menang 1-0 saja agar bisa melaju ke babak selanjutnya.

"Kemenangan 1-0 cukup untuk ke final. Kami harus lebih konsentrasi. Kami tidak boleh kebobolan pada menit awal melainkan harus cetak gol," kata Teco dalam konferensi pers jelang pertandingan, Senin 14 Mei 2018.

Piala AFC: Penakluk Bali United Ngamuk, 2 Klub Australia Tembus Final Zona ASEAN

Para pemain Persija Jakarta merayakan gol Ramdani Lestaluhu (kedua dari kiri)

Keuntungan tersebut belum lagi ditambah dengan rekor apik Persija di kandang sendiri selama Piala AFC musim ini. Tiga laga di SUGBK selama Grup H selalu bisa dimenangkan oleh Ismed Sofyan dan kawan-kawan.

Drawing 16 Besar Liga Champions Asia: Cristiano Ronaldo Cs Tantang Sesama Klub Arab Saudi

Teco tak memungkiri anak asuhnya saat ini sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Dia cuma meminta agar para pemain lebih solid dalam bertahan dan mewaspadai serangan balik lawan.

"Kami berhasil mencetak dua gol di leg pertama. Itu yang membuat kami memiliki semangat. Kami harus fokus di lini belakang dan serangan balik," tutur pelatih asal Brasil itu.

Rasa percaya diri Persija tentu juga harus dikontrol agar tak berlebihan. Karena Home United bukanlah tim sembarangan. Karena dalam empat pertandingan terakhir mereka selalu bisa memenangkannya.

Selanjutnya...

Home United Siapkan Senjata

Pelatih Home United, Aidil Sharin memastikan anak asuhnya takkan menerapkan strategi bertahan melawan Persija. Mereka percaya diri bisa memetik hasil positif dalam lawatan kali ini.

Mereka sudah melakukan persiapan matang guna menangkal agresivitas Persija di kandangnya sendiri. Apalagi ada dispensasi dari Federasi Sepakbola Singapura (FAS) yang memundurkan jadwal kompetisi lokal.

Pemain Home United merayakan gol

"Rencana kami datang ke sini dengan persiapan yang baik. Semoga kami bisa pulang membawa hasil sesuai dengan yang diinginkan," kata Aidil.

Sejauh ini, Home United sudah mencetak 18 gol di Piala AFC. Enam gol di antaranya disumbangkan oleh striker asal Korea Selatan, Song Ui-young.

Kelihaian Song sudah terbukti mampu membuat lini pertahanan Persija kewalahan. Pada leg pertama dia mencetak gol fantastis dengan menggiring bola dari tengah lapangan.

Selanjutnya...

Dukungan Jakmania Jadi Jaminan

Jakmania --sebutan suporter Persija-- selalu berhasil mengirim teror mental kepada tim tamu. Tak ayal jika laman resmi AFC menyebutkan mereka sebagai pemain ke-12 yang menakjubkan.

Tribun SUGBK hampir selalu penuh ketika Persija menjalani laga Piala AFC. Bahkan mereka sampai saat ini mencatatkan rekor kehadiran penonton terbanyak mencapai 60.157 saat menjamu Johor Darul Ta'zim.

Faktor inilah yang kemudian tak ingin disia-siakan oleh Teco. Dia menjanjikan skuat asuhannya akan bermain semaksimal mungkin sehingga upaya Jakmania memberi dukungan mendapat balasan.

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania

"Kami pasti bekerja keras dan semua pemain memiliki semangat. Jakmania pasti akan datang memberikan dukungan dan memberikan semangat kepada pemain," kata Teco.

Jika Persija melangkah jauh di Piala AFC tentu tidak cuma jadi kebanggaan warga Jakarta semata, namun juga pecinta sepakbola Indonesia. Teruslah melaju, Macan Kemayoran!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya