Bhayangkara FC Konsisten, Siapa Bisa Mengadang?

Pemain Bhayangkara FC, Ilham Udin merayakan gol
Sumber :
  • Dok. Media Bhayangkara FC

VIVA.co.id –  Memasuki pekan ke-25, persaingan sengit terus terjadi di Liga 1. Setidaknya saat ini, ada empat tim yang berpeluang menjadi juara.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Bhayangkara FC belum tergoyahkan di puncak klasemen. Tim besutan Simon McMenemy ini menorehkan 52 poin dari 25 pertandingan.

Tiga tim terus menempel ketat Bhayangkara. Mereka adalah Bali United (49 poin), Persipura Jayapura (46), dan PSM Makassar (45). Bali United menjadi pesaing terdekat Bhayangkara, dengan selisih tiga poin.

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

Di pekan ini, Bhayangkara sukses memenangkan pertandingan. Tim besutan Simon McMenemy menaklukkan Pusamania Borneo FC 2-1 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Rabu 20 September 2017.

Dua gol tuan rumah dilesakkan oleh Ilija Spasojevic di menit 60 dan penalti Otavio Dutra di menit 86. Borneo FC sempat menyamakan kedudukan lewat gol Shane Smeltz di menit 81.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Pertandingan yang ketat. Kami punya banyak peluang dan menguasai jalannya pertandingan. Kalau seandainya tadi pertandingan berakhir 1-1 tentu saya sangat kecewa," ujar pelatih Bhayangkara, Simon McMenemy dalam rilis yang diterima VIVA.co.id

Sementara itu, dua pesaing kuat Bhayangkara gagal meraih kemenangan. Bali United bermain imbang 0-0 dengan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat. Sedangkan Persipura hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Barito Putera di Stadion 17 Mei.

Meskipun demikian, Bhayangkara bertekad tetap tancap gas. Simon bahkan sudah menatap laga selanjutnya kontra Persib Bandung. Bhayangkara akan menghadapi Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

"Persib sudah kita kalahkan dengan skor signifikan. Tim-tim besar seperti Persipura, Sriwijaya juga Arema juga kita kalahkan,” ujar Simon.

“Mental bertanding untuk selalu menang harus tetap terjaga. Fokus dan konsentrasi juga harus selalu dikedepankan,” lanjut pelatih asal Skotlandia ini.

Kunci Kegemilangan Bhayangkara FC

Apa rahasia Bhayangkara bisa mempertahankan pucuk klasemen? Rupanya, mereka mampu tampil konsisten.

Dalam 7 pertandingan terakhir, mereka selalu meraih kemenangan. Tak peduli laga kandang maupun tandang, Bhayangkara bisa meraup tiga poin.

Sriwijaya FC, Persegres Gresik United, PS TNI, Persipura Jayapura, Semen Padang, dan Pusamania Borneo FC menjadi korban laju kencang Bhayangkara dalam 7 laga terakhir. Mereka kini membidik Persib sebagai korban selanjutnya.

“Menang di 7 laga tandang adalah pencapaian yang bagus dan membuat mental pemain terjaga. Selanjutnya kami akan away ke Bandung. Mengapa tidak menang juga,” ujar Simon.

Persaingan di papan atas Liga 1 ini juga mendapatkan perhatian dari media asing, FOX Sports Asia. Mereka menyoroti kegemilangan Bhayangkara FC yang bisa memuncaki klasemen.

Dalam tulisan berjudul “Indonesia Liga 1: Persipura, Bali keep Bhayangkara in sight”, sejumlah aspek jadi perhatian media yang bermukim di Singapura itu.

Adapun empat tim teratas penghuni pucuk klasemen menjadi pembahasan dari media yang memilik empat versi halaman tersebut, yakni Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Ambisi Bali United dan PSM

Bali United sebagai pesaing terdekat PSM belum mau menyerah begitu saja. Serdadu Tridatu memang gagal mengemas kemenangan di pekan ini. Mereka hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Persib Bandung, Kamis 21 September 2017.

Namun, raihan tersebut rupanya disyukuri oleh pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro. Sebab, hasil ini diraih di markas Maung Bandung, Stadion Si Jalak Harupat.

"Tadi memang berjalan alot kedua tim. Ini hasil realistis, kemarin saya bicara kalau Tuhan mengizinkan bisa berbagi poin atau tiga poin. Ternyata ini mungkin yang terbaik bagi kami dan mungkin bagi Persib. Apa pun hasilnya kami syukuri," ujar Widodo usai pertandingan. 

Sementara itu, bek Bali United Hasyim Kipuw mengatakan bahwa hasil imbang itu patut disyukuri. Sebab, Bali United masih bisa bersaing di papan atas klasemen Liga 1. 

"Saya mewakili pemain, saya bersyukur bisa mencuri poin di sini, walau hanya satu poin. Walau hanya satu poin tapi kami masih bisa bersaing di papan atas lagi," ucap Kipuw. 

Ambisi serupa diungkapkan oleh PSM Makassar. Pelatih PSM, Robert Rene Alberts bertekad menyapu bersih kemenangan di 10 laga tersisa.

"Pada putaran kedua ini, sisa laga akan kami sapu bersih. Harus begitu supaya bisa juara. Kita berusaha untuk tidak terkalahkan," ucap Robert.

"Saat ini, motivasi pemain dan tim memang sedang tinggi. Tapi, saya hanya minta ke pemain agar fokus memburu kemenangan partai per partai," lanjut pelatih asal Belanda ini.

PSM berpeluang memperkecil jarak dengan Bhayangkara FC. Mereka akan menjamu tim juru kunci, Persegres Gresik United di Stadion Andi Mattalatta, Jumat 22 September 2017. Jika menang, Juku Eja akan mengoleksi 48 poin dan berjarak empat poin dari Bhayangkara FC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya