Regulasi 5 Pergantian Pemain Ditinjau dari Laws of the Game

Arema Juara Piala Presiden 2017 Usai Kalahkan PBFC
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Regulasi baru diterapkan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1. Salah satunya mengenai pergantian pemain.

Resmi, Jadwal Babak Championship Series Liga 1 2023/24

Jika sebelumnya pergantian pemain hanya dibolehkan 3 kali, di Liga 1 nanti boleh ada 5 pergantian pemain. Selain itu, regulasi baru juga menetapkan daftar susunan pemain dari 18 menjadi 20 lantaran penggunaan pemain U-23. Itu berarti, ada 11 pemain yang menjadi starter dan 9 pemain yang duduk di bangku cadangan.

CEO PT Liga Indonesia Baru Risha Adi Wijaya juga ikut memberikan beberapa perubahan terkait regulasi Liga 1. Salah satunya adalah soal daftar susunan pemain yang berubah karena aturan U-23.

Widodo Cahyono Putro Ungkap Kunci Selamatkan Arema FC dari Degradasi

"Perubahan yang ada mungkin terdapat pada susunan daftar pemain yang biasanya 18 menjadi 20 karena ada peraturan U-23 yang diwajibkan main di 45 menit pertama dengan mempertimbangkan segala kemungkinan maka ada tambahan dua pemain dari timnas U-23," kata Risha.

"Selain itu juga ada perubahan pada salary cap. Itu sebenarnya wewenang PSSI tapi tadi dibicarakan minimal Rp5 miliar dan maksimum Rp15 miliar. Naik dari yang sebelumnya hanya Rp10 miliar," sambungnya.

Banyak Berkutat di Zona Degradasi, Arema FC Bersyukur Lolos dari Lubang Jarum

(Baca juga: Regulasi Liga 1: Klub Bisa Lakukan 5 Kali Pergantian Pemain)

Menarik untuk membahas mengenai peraturan baru ini, apakah sudah sesuai dengan Laws of the Game untuk musim 2016-17 yang bisa diakses secara bebas di situs FIFA dan IFAB, yang efektif berlaku sejak 1 Juni 2016.

"Maksimal tiga pergantian pemain bisa digunakan di pertandingan apapun di sebuah kompetisi resmi yang diselenggarakan di bawah naungan FIFA, konfederasi, atau asosiasi sepakbola nasional," demikian bunyi Law 03 ayat 2.

Menurut dokumen Laws of the Game 2017/18: Law Changes, Practical Guideline changes, yang dikeluarkan IFAB pada Maret 2017 terdapat beberapa perubahan terkait jumlah pergantian pemain.

"Jumlah pergantian pemain, maksimal hingga lima pergantian, bisa digunakan di pertandingan apapun dalam sebuah kompetisi resmi yang akan ditentukan oleh FIFA, konfederasi, atau asosiasi sepakbola nasional, kecuali kompetisi pria dan wanita yang melibatkan tim utama klub-klub di divisi teratas atau tim nasional senior ‘A’, di mana maksimal pergantian pemain adalah tiga.”

Ada sedikit penjelasan tambahan di bagian Explanation. “FIFA, konfederasi, dan asosiasi sepakbola nasional bisa mengizinkan maksimal lima pergantian pemain di semua kompetisi kecuali di level tertinggi.”

Jadi, pergantian lima pemain memang masih bisa diterapkan, asalkan bukan di level kompetisi tertinggi. Lalu, bagaimana mengenai pemain yang boleh duduk di bangku cadangan.

“Peraturan kompetisi harus menyebutkan berapa jumlah pemain pengganti yang bisa didaftarkan, dari tiga hingga maksimal 12 pemain.”

Persib Bandung kembali membuat gebrakan. Usai datangkan Michael Essien, kini mereka rekrut eks penyerang tim nasional Inggris. Lihat kedatangan Carlton Cole di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya