Terungkap, Wasit Premier League yang Paling Sering Salah

Wasit Premier League, John Moss
Sumber :

VIVA.co.id – Jon Moss telah menjadi wasit Premier League yang paling banyak melakukan kesalahan selama menjalani tugasnya, menurut sebuah penelitian yang dilakukan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan Ngamuk ke Wasit

Penelitian yang dilakukan oleh YouAreTheRef.com, total telah terjadi 84 kesalahan penting dalam 333 pertandingan Premier League sampai 22 April 2016.

Dalam 22 pertandingan yang dipimpinnya, Moss membuat 13 kesalahan penting dalam laga. Angka tersebut enam buah lebih banyak dari Martin Atkinson, Roger East, dan Mike Jones, yang memiliki jumlah pertandingan lebih banyak.

Pelatih Persib Bandung Puji Kinerja Wasit

Wasit Anthony Taylor menjadi pengadil dengan kesalahan kunci paling sedikit, dengan hanya tiga kesalahan dalam 27 pertandingan musim ini. Rata-rata hanya 0,11 error per pertandingan.

Mike Oliver (0.14) menjadi wasit dengan rata-rata kesalahan paling sedikit kedua di bawah Taylor. Lalu Mike Dean (0.17), Kevin Friend (0.17), dan Mark Clattenburg (0.19) melengkapi posisi lima besar terbaik.

Mulai Pekan 30, Liga 1 2021/22 Gunakan Asisten Wasit Tambahan

Pada papan bawah, Lee Mason (0.37) berada satu strip di atas Moss. Lalu Robert Madley (0.33), Neil Swarbrick (0.31), dan Mike Jones (0.28) melengkapi lima wasit dengan rata-rata kesalahan per pertandingan paling besar.

Kesalahan kunci di pertandingan adalah rangkuman dari statistik lengkap penampilan para wasit, mulai sah atau tidaknya gol, atau tepatkah mengeluarkan kartu merah, dan juga keputusan berikan penalti.

"Tak dipertanyakan lagi kalau Premier League memiliki wasit luar biasa. Masalahnya, tak cukup banyak orang seperti mereka," ujar mantan ketua Professional Game Match Officials, Keith Hackett, pada Goal.

"Tentu saja kesalahan tak akan sepenuhnya hilang. Kami menyerap hal positif daripada negatif setelah berdiskusi dengan para wasit. Dengan itu kami berharap kesalahan itu tak terulangi," tambahnya.

Dengan menurunnya kualitas para wasit Premier league, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa berdampak pada liga karena kerap menimbulkan masalah akibat keputusan sang pengadil.

"Saya sangat menghormati wasit karena sangat konsisten selama survey kami. Tapi sudah jelas standar terus menurun," lanjut Hackett.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya