Juara Premier League, Berapa Untung yang Diraup Leicester?

Suporter Leicester City merayakan gelar juara.
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA.co.id – Sukses besar diraih Leicester City musim ini. Tak diunggulkan, The Foxes sukses mencatat sejarah dengan menjuarai Premier League.

Tottenham Hotspur dan Leicester City Kompak Kantongi Kemenangan

Kepastian juara Leicester diperoleh, usai Chelsea bermain imbang 2-2 dengan Tottenham Hotspur, dini hari tadi. Dengan 2 laga tersisa, The Lilywhites sudah tak bisa mengejar perolehan poin Leicester.

Muncul pertanyaan, berapa yang keuntungan yang didapat Leicester berkat sukses fenomenal ini? Seperti dilansir BBC, prediksi diungkapkan Repucom, sebuah perusahaan analisis data olahraga dan pemasaran.

Ulang Tahun, Bos Leicester Malah Beri Kado Super buat Fans

Leicester kemungkinan besar bakal meraup untung £150 juta atau setara Rp2,91 triliun. Jumlah itu didapat dari hadiah sebagai juara Premier League, uang tunai dari partisipasi di Liga Champions, dan peningkatan pendapatan dari tiket dan hotel.

Berpartisipasi di Liga Champions bakal membuat Leicester mendapatkan banyak keuntungan. Mereka akan mendapatkan penghasilan lebih besar dari televisi. Jumlah fans di luar Eropa juga akan meningkat.

Chelsea Vs Leicester, Laga yang Sulit untuk Danny Drinkwater

"Meski terlalu dini untuk mengevaluasi jumlah fans yang berkembang pesat, kami bisa melihat Asia sebagai contoh. Media sosial memeneri kami kesempatan untuk mengukur gelombang ini," kata kepala konsultan Repucom di Inggris dan Irlandia, Spencer Nolan.

Musim ini, halaman Facebook resmi Leicester mendapatkan tambahan fans sebanyak 540 persen. Ini menjadi lonjakan terbsesar di dunia olahraga.

Salah satu lonjakan tersebar datang dari Aljazair, negara asal Riyad Mahrez. Terpilihnya Mahrez sebagai Pemain Terbaik Premier League versi PFA membuat ada tambahan 500 ribu follower dari Aljazair 16,7 persen.

Follower baru juga banyak dari Thailand dan Italia. Thailand merupakan negara asal pemilik Leicester, Vichai Srivaddhanaprabha. Sedangkan Italia merupakan negara asal manajer Claudio Ranieri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya