Akhir Kisah 'Si Tulip Besi' di MU

Manajer Manchester United, Louis van Gaal
Sumber :
  • Reuters/John Sibley

VIVA.co.id – Kisah Louis van Gaal bersama Manchester United resmi tamat. Dua musim dilalui 'Si Tulip Besi' di Old Trafford dan hanya sebuah trofi mampu dipersembahkan, Piala FA.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

'Setan Merah' mendepak Van Gaal ketika kontraknya tersisa satu tahun lagi. Tapi itu bukan hal yang mengejutkan, sebab isu pemecatan pria asal Belanda tersebut sudah lama berhembus.

Mirisnya, ketika Van Gaal dilaporkan diputus kontrak oleh manajemen, sebagian besar fans MU malah bersorak kegirangan. Mereka merasa, seharusnya klub sudah mengambil langkah tersebut sejak lama.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Senin malam, 23 Mei 2016, Petinggi MU, Ed Woodward mengumumkan secara langsung pemecatan Van Gaal. Sedikit hal yang perlu di garis bawahi, manajemen mengucapkan terima kasih kepada eks pelatih Bayern Munich itu karena telah mencuatkan sejumlah pemain muda berbakat dalam tim selama dua tahun kepemimpinannya.

"Van Gaal meninggalkan tim dengan warisan sejumlah pemain muda yang memiliki kepercayaan diri tinggi untuk menunjukkan potensi di level tertinggi. Seluruh anggota klub berharap yang terbaik baginya di masa depan," ucap Woodward.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Memang tidak disebutkan siapa saja para pemain muda yang dimaksud. Namun dipercaya mereka adalah penggawa macam Anthony Martial, Jesse Lingard dan Marcus Rasford yang memang melejit ada era kepelatihan Van Gaal.

Pesangon Besar

Atas pemecatan tersebut, Van Gaal langsung ikut mengeluarkan pernyataan. Dia mengaku bangga karena sudah memiliki kesempatan menangani klub sebesar MU. Tapi dia juga kecewa karena tidak bisa menuntaskan masa bakti sesuai yang tertera dalam perjanjian kerja.

"Sebuah kehormatan bisa menangani klub hebat seperti MU. Saya seperti sudah menggenapi ambisi besar," kata Van Gaal.

"Namun saya juga kecewa karena tidak bisa menyelesaikan tiga tahun seperti yang direncanakan. Saya percaya, dengan pondasi yang sudah ada klub ini bisa maju dan sukses," lanjutnya.

Menurut media-media Inggris, dengan pemecatan tersebut berarti MU harus membayar uang pemutusan hubungan kerja dengan van Gaal. Perkiraan sementara mereka diwajibkan memberi kompensasi hingga Rp98,5 miliar.

Performa MU yang tak kunjung membaik dalam dua musim terakhir dipercaya membuat manajemen tak ragu menggelontorkan pesangon sebesar itu buat Van Gaal. Sebab, sejak kedatangannya, bekas pelatih timnas Belanda itu sudah menghabiskan lebih dari Rp5 triliun untuk belanja pemain.

Menyambut Mourinho

Setelah Van Gaal ditendang, pertanyaan yang muncul tentu adalah soal penggantinya. Klub sendiri belum mau memberikan pernyataan resmi, cuma sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa sang suksesor yang bakal segera mengisi tempat lowong itu tak lain dan tak bukan adalah Jose Mourinho.

Namanya sudah dikaitkan dengan MU sejak akhir tahun kemarin, selepas dipecat Chelsea. Cuma, karena masih ada Van Gaal, kedatangan Mourinho ke Old Trafford tak kunjung terealisasi.

Spekulasi kedatangan Mourinho pun sempat mengalami pasang surut. Banyak yang mulai ragu karena kedua pihak, Mourinho dan MU, sama sekali tidak memberikan sinyal kesepakatan.

Ada dugaan Mourinho sengaja melakukan hal tersebut karena masih menaruh respek kepada Van Gaal, pria yang sempat menjadi bosnya saat di Barcelona dulu. The Special One merasa tidak etis bila membahas kontrak sedangkan di sana masih ada orang yang bekerja.

Sempat juga muncul kabar bahwa Mourinho memang tidak akan bergabung dengan MU. Dia lalu dikaitkan dengan beberapa klub lain, macam Everton dan Valencia. Tapi semua berita tersebut juga urung terbukti.

Sekarang Van Gaal sudah lengser, jabatan manajer MU pun ikut lowong. Nah, apakah Mourinho akan benar-benar bergabung? Isu yang beredar, klub akan membuat pengumuman kehadiran manajer asal Portugal tersebut pada Selasa ini, kita tunggu saja untuk membuktikannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya