Mourinho Menuju MU, Siapa Datang Siapa Terbuang?

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Langkah Jose Mourinho menuju Old Trafford semakin dekat. Manchester United tinggal menunggu hari sebelum menunjuk The Special One sebagai manajer yang bakal memimpin skuat "Setan Merah".

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Setelah resminya Louis van Gaal dipecat akhir pekan kemarin, nama Mourinho terus didengungkan media Inggris sebagai suksesor. Berbagai kabar dan perkembangan hal tersebut selalu ditunggu.

Mourinho sendiri, yang dipecat Chelsea Desember lalu, masih bungkam soal masa depannya. Tak satu pun pertanyaan wartawan yang memberondongnya dijawab, cuek dan dingin.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Seperti yang dilansir dari livesoccertv.com, Mourinho terlihat meninggalkan rumahnya di kawasan Knightbrige, London, pada Selasa pagi dengan sebuah notepad di tangannya dan menuju Range Rover miliknya.

Meski tidak mengacuhkan para reporter, Mourinho diprediksi dalam perjalanan bertemu dengan para petinggi MU dan agennya, Jorge Mendes, yang disebut akan menjalani finalisasi kontrak.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Menurut The Guardian, executive vice-chairman MU, Ed Woodward, memang membuat janji pertemuan dengan agen Mourinho, Ed Woodward, di London pada hari Selasa, 24 Mei 2016, untuk memastikan kedatangan Mou menggantikan Louis van Gaal sebagai manajer MU.

Harapannya, kesepakatan itu bisa mencapai kata final pada Rabu malam, 25 Mei 2016, meski Mourinho kemungkinan besar baru secara resmi menjadi bos baru Old Trafford pada pekan depan.

Pelatih 53 tahun itu diprediksi akan menandatangani kontrak selama tiga tahun dengan gaji sebesar 7,5 juta Pound, seperti yang diterimanya di Chelsea kemarin sebelum dipecat Desember lalu.

Dengan hampir pastinya kehadiran Mourinho di belakang kursi manajer MU, pertanyaan menariknya siapa saja pemain yang bakal diboyong pelatih eksentrik itu ke Old Trafford?

Revolusi Besar, Siapa Saja yang Datang?

Menurut 101greatgoals, ada 16 nama yang digadang-gadang masuk daftar belanja Mourinho. Bintang Swedia yang akan meninggalkan Paris Saint-Germain akhir musim ini, Zlatan Ibrahimovic, berada di posisi teratas.

Playmaker yang tengah terbuang dari skuat utama Real Madrid, James Rodriguez, juga dilihat punya peluang hijrah ke Inggris. Janji bermain lebih sering tentu akan menggoda bintang Kolombia itu untuk mengenakan kostum MU.

Bek muda Everton, Josh Stones, yang gagal diboyong Mourinho ke Chelsea berada di di urutan ketiga. Setelah itu ada nama bek PSG, Marquinhos, dan bek Real Madrid, Raphael Varane. Tiga pemain belakang ini bukti serius perlunya perbaikan di sektor belakang.

Pierre Aubameyang juga menjadi incaran Mourinho. Penyerang Borussia Dortmund ini bisa diplot sebagai salah satu winger dalam skema 4-2-3-1 yang diyakini bakal digunakan oleh Mou.

Pemain Sporting Lisbon, Jaoa Mario, gelandang yang mencuat bersama Leicester City, N'Golo Kante, lalu Paul Pogba, Thomas Muelles, sampai Alvaro Morate masuk ke dalam daftar 16 pemain bidikan MU era Mourinho.

Tapi, terakhir kabarnya Nemanja Matic yang berpotensi jadi pembelian pertama MU musim panas ini. Gelandang Chelsea itu memang dikabarkan bakal didepak dari Stamford Bridge usai penampilan buruk musim ini.

Matic memang pemain kesayangan Mourinho saat membawa Chelsea jadi kampiun Premier League 2014-15 lalu. Jadi tidak sulit untuk menggodanya membubuhkan tanda tangan untuk merapat ke Manchester.

Apalagi Mourinho juga bakal diberikan dana berlimpah untuk pekerjaan pertamanya, membeli pemain incaran. Dilansir Daily Mirror, manajemen MU telah menggaransi untuk memberikan Mourinho dana sebesar £200 juta atau sekitar Rp3,9 triliun untuk belanja pemain.

Pemain Bintang Terancam Terbuang

Jika membicarakan soal kedatangan pemain baru, maka tidak bisa melupakan soal pemain-pemain yang berpotensi untuk dijual oleh MU. Tak bisa dipungkiri, ada beberapa nama yang langsung terancam.

Datangnya Mourinho menimbulkan pertanyaan mengenai nasib Juan Mata, yang pernah didepak pelatih asal Portugal itu dari Stamford Bridge. Mata disebut berharap dapat berbicara dengan Mourinho, untuk tetap dipertahankan di Old Trafford.

Selain Mata, nama seperti Marouane Fellaini, Phil Jones, Morgan Schneiderlin. Begitu juga sejumlah nama-nama muda yang mencuat di tangan Van Gaal, contohnya Marcus Rashford atau Andres Lingard.

Kenapa? Mourinho dikenal sebagai pelatih yang gemar mempertahankan pemain-pemain veteran yang berpengaruh dalam permainan tim. Banyak pemain muda yang kesulitan menembus tim utama dalam kepelatihan Mourinho.

Contoh nyatanya adalah keputusan Mourinho meminta MU, untuk memperpanjang kontrak Carrick selama satu musim. Di usia 34 tahun, banyak yang akan meragukan stamina Carrick.

Tapi, pemain yang dibeli "Setan Merah" dari Tottenham Hotspur pada Juni 2006, itu dianggap penting oleh Mourinho. Apalagi, tidak banyak lagi pemain senior dari masa jaya MU, sebelum Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013. 

Sehingga, peran Carrick dibutuhkan Mourinho, untuk mengubah gaya permainan MU yang dituding membosankan, selama dua tahun di bawah Louis van Gaal.

Bukan hanya masalah membuang pemain, Mourinho juga dihadapi sejumlah ancaman pemain-pemain yang dinilainya penting untuk pergi. Satu persoalan yang harus diselesaikan Mourinho, adalah mengenai masa depan kiper tangguh David De Gea. 

Kiper asal Spanyol, itu memiliki agen yang sama dengan Mourinho, tapi tidak cukup untuk membuatnya memupus hasrat hengkang dari Old Trafford.

De Gea menginginkan klub, yang dia yakin bisa bersaing memperoleh banyak trofi. Dia kecewa karena musim depan MU tidak bakal berlaga di Liga Champions. Apalagi, Real Madrid hingga saat ini, juga belum berhenti mengincarnya setelah kegagalan proses transfer musim panas lalu.

Jadi ketertarikan datangnya Mourinho ke MU tak akan berhenti usai penunjukan resmi nanti, tetapi siapa saja nama pemain yang bakal resmi melekat di punggung jersey MU musim depan juga pasti bakal dinantikan. Transfer musim panas kali ini akan semakin dinanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya