Liverpool Menang Tipis Lawan WBA

Roberto Firmino, Philippe Coutinho, dan Sadio Mane merayakan gol dengan tarian.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Liverpool meraih kemenangan tipis 2-1 atas West Bromwich Albion (WBA), pada laga Premier League di Anfield, Minggu dini hari 23 Oktober 2016. Dua gol dicetak pada babak pertama melalui Sadio Mane dan Philippe Coutinho, serta kebobolan satu gol di babak kedua.

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

Setelah penampilan mengecewakan lawan Manchester United, publik Anfield kembali dapat melihat permainan menarik skuat Juergen Klopp. Terutama dengan kembali diturunkannya Adam Lallana sejak menit pertama, yang membantu kreativitas serangan the Reds.

WBA yang disiplin dalam bertahan, akhirnya kecolongan pada menit 20. Mereka telat kembali ke wilayah pertahanan setelah melakukan serangan, yang dimanfaatkan Emre Can untuk memberi umpan jauh pada Philippe Coutinho, yang kemudian meneruskannya pada Firmino.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

Pemain Brasil yang kembali dimainkan sebagai penyerang, itu dengan brilian memberi umpan pada Sadio Mane di sisi kanan, yang hanya perlu memberi sedikit sentuhan untuk menaklukkan Ben Foster, dan mendapatkan gol keempatnya musim ini.

Tujuh menit kemudian, Liverpool hampir menggandakan keunggulan. Nathaniel Clyne berhasil mengelabui bek WBA dan menusuk dari sayap kanan, lalu melepas umpan silang yang sayangnya telat disambut oleh Emre Can di depan gawang WBA.

Manchester United Kena Bantai, Ten Hag Beber Kesalahan Fatal Tim

Menit 32, WBA melakukan blunder dengan melepas bola pada pemain Liverpool, yang dengan cepat membangun serangan. Sayang, tendangan Lallana hanya melayang ke atas gawang. Enam menit kemudian, Firmino menunjukkan kejeliannya untuk melepas umpan dengan tumit pada Clyne.

Sayangnya, Clyne gagal memberikan ujian berarti bagi Foster. Tendangannya melenceng ke arah penonton. Serangan Liverpool akhirnya berbuah gol kedua pada menit 35. Foster yang pekan lalu tampil luar biasa saat menghadapi Tottenham Hotspur, melakukan kesalahan saat membuang bola.

Mane kembali berperan, memberikan umpan pada Coutinho yang bisa menyelesaikannya menjadi gol dengan tembakan mendatar. Foster tampak kembali ke performa terbaiknya, setelah kebobolan dua gol di babak pertama, dengan dua penyelamatan brilian dalam semenit.

Pertama di menit 57, dengan menggagalkan tendangan Roberto Firmino menggunakan kaki kirinya. Di menit 58, Lovren melepas sundulan terarah untuk menyambut sepak pojok Milner. Foster melakukan penyelamatan sensasional, karena masih bisa menepis bola yang mengarah ke pojok kanan atas gawangnya.

Milner dan Emre Can mendapatkan beberapa peluang lagi pada menit 66 dan 67, namun tidak ada yang bisa menjadi gol tambahan. Justru Gareth McAuley yang mencetak gol balasan WBA pada menit 81, memanfaatkan kelemahan Liverpool dalam situasi sepak pojok.

Georginio Wijnaldum yang masuk menggantikan Adam Lallana di menit 79, memberikan umpan bagus pada Roberto Firmino, tapi tendangan pemain Brasil itu di menit 84 kembali digagalkan Foster yang tampil luar biasa di babak kedua.

Setelah gagal menjaga clean sheet, Liverpool malah tertekan dalam 10 menit terakhir, sehingga Klopp memasukkan Luvas Leiva untuk mengganti Philippe Coutinho pada menit 88. Wijnaldum hampir menutup laga dengan gol ketiga the Reds, tapi tendangannya terlalu jauh ke kanan.

Laga berakhir dengan kemenangan tipis, namun cukup untuk membuat Liverpool sementara naik ke posisi dua dengan 20 poin, kalah selisih gol oleh Arsenal yang ada di peringkat pertama juga dengan 20 poin.

Susunan pemain Liverpool vs WBA:

Liverpool: Loris Karius, Dejan Lovren, Nathaniel Clyne, Joel Matip, James Milner, Adam Lallana (Georginio Wijnaldum,79), Jordan Henderson, Phillippe Coutinho (Lucas Leiva,88), Emre Can, Roberto Firmino, Sadio mane.

WBA: Ben Foster, Jonas Olsson, Gareth McAuley, Allan Nyom, Craig Dawson, Darren Fletcher, Claudio Yacob (Chris Brunt,46), Nacer Chadli, Matt Phillips (James Morrison,51), James McClean (Robson-Kanu,65), Salomon Rondon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya