Sengaja Kebobolan, Kiper Korea Utara Disanksi Satu Tahun

Timnas Korea Utara
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Kiper muda Korea Utara, Jang Paek-ho, dijatuhi hukuman larangan bertanding selama satu tahun dan denda US$1.000 setelah sengaja membiarkan gawangnya kebobolan di Piala Asia U-16 di India.

Timnas Korea Utara Bantai Korea Selatan 7-0 di Bali

Saat itu, Korut sedang menghadapi Uzbekistan. Kedua negara sudah memastikan lolos ke perempat final. Tapi kekalahan 1-3 membuat Korut finis kedua di grup dan berhasil menghindari Irak, yang keluar sebagai juara.

Saat kiper Uzbekistan, Jasurbek Umrzakov, menendang bola jauh pada menit ke-49, Jang berlari keluar kotak penaltinya membuat bola melayang lewati kepalanya.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dia terpeleset dan terjatuh saat berusaha kembali ke gawang, berdiri kembali dan berusaha meloncat tetapi bola bergelinding pelan tepat di depan si kiper. Paek-ho lalu kebobolan dua gol lagi dalam waktu enam menit sebelum diganti.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengeluarkan pernyataan, asosiasi sepakbola Korut dan pelatih Yung Jong-su dinyatakan bersalah karena membuat pertandingan tercoreng.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Asosiasi sepakbola Korut dijatuhi denda US$20.000 dan dicoret dari Piala Asia U-19 2018 mendatang, ditambah sanksi percobaan selama satu tahun.

Pelatihnya disanksi 12 bulan dan denda US$5.000, yang membuat dirinya dan sang kiper pada Piala Dunia U-17 tahun depan tak bisa berpartisipasi.

AFC juga memberikan sanksi pada pemain China, Jin Jingdao, selama delapan bulan setelah dinyatakan positif menggunakan doping.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya