Strategi Arema Tanpa 2 Pilar yang Dipanggil Timnas

Kiper Arema Cronus, Kurnia Meiga
Sumber :
  • Indonesiasc.com

VIVA.co.id – Arema Cronus dipastikan tak bisa menurunkan dua pilar utamanya, Kurnia Meiga dan Benny Wahyudi, di ajang Torabika Soccer Championship setidaknya hingga bulan Desember mendatang. Kurnia dan Benny saat ini tengah menunaikan tugas membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Gaprindo Protes, RPP Kesehatan Tidak Ideal untuk Atur Industri Tembakau

Saat ini, Arema tengah bersaing ketat dengan Madura United (MU) dan Persipura Jayapura dalam perebutan gelar juara TSC. Meski masih bertengger di puncak klasemen, posisi Singo Edan belum aman.

Poin 55 yang dimiliki Arema, sama dengan poin yang dipunyai MU yang berada setingkat di bawahnya, dan hanya unggul head to head. Singo Edan juga hanya berselisih dua poin saja dengan Persipura.

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Asisten pelatih Arema, Joko Susilo, mengatakan jika memang absennya Benny dan Kurnia berpengaruh besar dalam sistem permainan Arema. Meski demikian, Joko menegaskan Arema sangat menghargai komitmen pemain untuk menunaikan tugas negara membela Timnas.

"Kalau dibilang berpengaruh, ya jelas berpengaruh. Keduanya kan adalah pemain andalan kami. Meiga dan Benny adalah pilihan utama di setiap pertandingan. Tapi, kami juga sangat menghormati komitmen pemain untuk menunaikan tugas negara," kata Joko saat dihubungi VIVA.co.id.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Benny dan Kurnia akan absen setidaknya dalam dua laga ke depan, kontra PS TNI dan Bali United. Andai Timnas Indonesia lolos ke semifinal, waktu absen kedua pemain ini kemungkinan akan bertambah. Guna melapis kedua pemain ini, Milomir Seslija sudah menyiapkan dua pemain pengganti.

Di pos penjaga gawang, kiper veteran sekaligus kakak kandung Kurnia Meiga, Ahmad Kurniawan, akan jadi pilihan. Sementara Syaiful Indra Cahya akan menambal lubang yang ditinggal Benny Wahyudi.

Joko menegaskan, setiap pemain Arema punya peran yang sama terhadap tim. Baik statusnya hanya sebagai pelapis, atau pemain inti. Hal ini mengingat lima laga krusial yang menentukan gelar juara Arema

"Intinya, semua pemain baik itu cadangan atau pemain inti punya tugas yang sama, dan harus siap kapan pun dibutuhkan tim. AK (Ahmad Kurniawan) yang ganti Meiga dan Syaiful Indra yang mengisi posisi Benny," kata Joko.

"Sisa pertandingan tinggal lima lagi. Persipura dan Madura (United) bisa saja menyalip kalau kita lengah. Jadi, kami tegaskan pada semua pemain bahwa setiap pertandingan (sisa) adalah final. Jadi, para pemain harus bermain layaknya pertandingan final," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya