9 Fakta Menarik MU Vs Southampton di Final Piala Liga

Pemain Manchester United
Sumber :
  • Reuters / Jason Cairnduff

VIVA.co.id - Manchester United akan melawan Southampton dalam final Piala Liga Inggris di Stadion Wembley, malam ini. Banyak fakta-fakta menarik yang mewarnai duel keduanya.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

MU lolos ke final usai menang agregat 3-2 atas Hull City. Sedangkan Southampton melaju ke partai puncak, setelah menyingkirkan Liverpool lewat agregat kemenangan 2-0.

Berbicara gelar Piala Liga Inggris, MU berpeluang memenangi gelar kelimanya di kompetisi. Terakhir kali Setan Merah juara, adalah pada 2010 lalu dengan mengalahkan Aston Villa 2-1.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Sedangkan bagi Southampton, ini adalah final kedua mereka. Masih banyak fakta-fakta menarik lainya, yang dirangkum dari situs resmi MU dan Opta.

Berikut Fakta Menarik MU Vs Southampton:

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

1. Ini adalah penampilan kedua Southampton di final Piala Liga sejak kali terakhir pada 1979. Ketika itu Soton yang dilatih Lawrie McMenemy, kalah 2-3 dari Nottingham Forest.

2. Bagi MU ini adalah final ke-9 mereka. Di delapan final sebelumnya, mereka meraih empat kemenangan dan empat kekalahan. Tiga dari empat kemenangan tersebut diraih di tiga final terakhir.

3. Southampton menjadi tim kedua dalam sejarah Piala Liga, setelah Tottenham musim 1981/1982 yang sukses lolos ke final tanpa kebobolan. Namun, ketika itu Tottenham kalah 1-3 dari Liverpool di final.

4. Ini adalah final kedua yang mempertemukan MU melawan Southampton di turnamen domestik. Kedua tim pernah bertemu di final Piala FA 1976, saat itu MU kalah 0-1.

5. MU hanya sekali kalah melawan Southampton dari lima pertemuan terakhir di Piala Liga.

6.Jose Mourinho akan menjalani final Piala Liga keempatnya, setelah menjadi juara bersama Chelsea pada 2005, 2007, dan 2015. Hanya Brian Clough (empat) dan Sir Alex Ferguson (empat) yang memenangi Piala Liga lebih banyak daripada Mourinho.

7. Sepanjang kariernya, Claude Puel hanya sekali lolos ke final piala domestik. Pada 2001, dia membawa AS Monaco ke final Piala Prancis dan kalah 1-2 dari Olympique Lyon.

8. Partai final melawan Southampton nanti akan menjadi pertandingan ke-191 bagi Manchester United di Piala Liga Inggris.

9. Total gol Manchester United di kompetisi ini berjumlah 338 dan 211 kebobolan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya