TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Soal KITAS, Essien dan Cole Kembali Disorot Media Asing

Keduanya dianggap sebagai pemain ilegal.
Soal KITAS, Essien dan Cole Kembali Disorot Media Asing
Michael Essien resmi gabung Persib Bandung (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

VIVA.co.id – Nama besar Michael Essien sebagai pesepakbola memang masih belum habis dari pemberitaan. Sempat menghebohkan media asing setelah memutuskan bergabung dengan Persib Bandung, kali ini pemain asal Ghana itu kembali menjadi pemberitaan dunia.

Sayangnya, pemberitaan yang muncul masih bernada negatif. Itu lantaran dia dikabarkan menjadi salah satu pemain yang belum memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS).

Namun, kali ini, dia tak sendiri. Rekan setimnya, Carlton Cole, juga ikut terseret.

Seperti diketahui, KITAS adalah salah satu syarat mutlak bagi para pelajar atau pekerja asing yang berada di Indonesia, termasuk pesepakbola. Jika belum memiliki KITAS, para pemain asing tak diperbolehkan bermain.

Polemik ini muncul setelah Essien dan Cole dimainkan oleh Persib pada laga pembuka kontra Arema FC. Essien bermain dari awal, sedangkan Cole masuk sebagai pemain pengganti.

Melihat hal tersebut, Essien dan Cole kembali disorot oleh media asing ternama, salah satunya The Sun. Media asal Inggris itu bahkan menulis sebuah artikel dengan judul "Michael Essien dan Carlton Cole 'terancam hukuman penjara' setelah melanggar undang-undang imigrasi yang ketat Indonesia."

Di dalam berita, The Sun secara gamblang menyebut bahwa Essien dan Cole bermain secara ilegal di Indonesia. Tak lupa, mereka juga menyebutkan hukuman yang telah menanti kedua pemain, seperti denda dan hukuman lima tahun penjara.

Selain The Sun, Sky News juga menuliskan berita yang serupa. Media tersebut menuliskan dengan judul "Michael Essien dan Carlton Cole berhadapan dengan penyidik imigrasi Indonesia."

Kedua media tersebut sama-sama menuliskan pembelaan dari manajer Persib, Umuh Muchtar. Dia menyebutkan Essien dan Cole bukan seorang pemain ilegal.

Hal ini sepantasnya menjadi pembelajaran bagi setiap tim di Indonesia. Jika memang nama sepakbola Tanah Air ingin dikenal baik, maka sudah sepantasnya mereka mematuhi setiap peraturan yang ada.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP